• Sabtu, 13 Agustus 2022

Pacitan: UMKM Usung Batu Akik Mendunia!

- Kamis, 4 Agustus 2022 | 11:30 WIB
Ika Meyristyani dalam acara Workshop Kota Kreatif (Instagram.com/pemkabpacitan)
Ika Meyristyani dalam acara Workshop Kota Kreatif (Instagram.com/pemkabpacitan)

ENAMPAGI – Inilah perhaiasan dari batu akik menjadi sorotan dan sempat ngetrend beberapa tahun silam. Ingatkah saat masa-masa SBY masih menjabat sebagai presiden? Kala itu, boomingnya batu akik ini tengah merajalela.

Suatu kesempatan, presiden SBY juga pernah memberikan kenang-kenangan perhiasan dari batu akik saat pertemuan dengan tamu sesama pimpinan dari negara lain. Sebegitu berharganya kerajinan dalam negeri itu sehingga dapat hadir ditengah-tengah para pimpinan negara.

Namun demikian, sayangnya sebutan primadona untuk perhiasan dari batu akik itu hanya bertahan sesaat. Padahal, saat batu akik tersebut sedang booming tak sedikit para penggemar hingga kolektor batu rela mengeluarkan biaya cukup fantastis demi mendapatkan batu akik tersebut.

Baca Juga: Eksotis! ini 10 Desitinasi Wisata Alam Pacitan yang Hits dan Banyak Dikunjungi

Salah satu warga dan pelaku UMKM di PEMDES Tanjungsari kabupaten Pacitan, Ika Meyristyani telah berhasil mengubah batu akik menjadi perhiasan bernilai jual cukup tinggi. Hal itu tak lepas atas ketertarikannya terhadap batu akik sehingga batu yang indah itu dapat naik kelasnya alias nilainya.

Ika Meyristyani mengutarakan bahwa sebenarnya kini batu akik tidak menghilang, hanya saja keberadaannya bisa dibilang cukup langka. Barang yang langka memiliki nilai jual yang baik. Oleh sebab itu, inilah kesempatan untuk menentukan harga yang condong meninggi terhadap perhiasan dari batu akik tersebut.

Hasil usaha UMKM macam ini telah dirintis dan berdiri sejak tahun 2012. Pihaknya juga telah banyak ikut serta di sejumlah pameran UMKM serta Workshop Kota Kreatif yang diadakan oleh PEMKAB Pacitan.

Baca Juga: Drama Korea Terbaru Shin Ha Kyun Berjudul 'Unicorn' Akan Rilis Bulan Agustus 2022

Contoh perhiasan dari batu akik yang telah dibuat itu adalah seperti cincin, gelang dan kalung. Variasi harga tersebut disesuaikan pada tampilan dan tingkat kesulitannya.

Halaman:

Editor: Zizi Nabila Majesty

Sumber: pemkabpacitan

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Pacitan: UMKM Usung Batu Akik Mendunia!

Kamis, 4 Agustus 2022 | 11:30 WIB

Simak! Ini Manfaat Penulis Menerbitkan Buku

Rabu, 3 Agustus 2022 | 19:00 WIB

Lowongan Kerja Area Sales Manager Wings Group

Senin, 1 Agustus 2022 | 08:00 WIB

8 Ide Bisnis Yang Gak Musiman

Kamis, 28 Juli 2022 | 12:00 WIB
X