• Sabtu, 2 Juli 2022

Termasuk Indonesia, Film 'Lightyear' dilaporkan Batal Tayang di 14 Negara

- Selasa, 14 Juni 2022 | 20:00 WIB
Termasuk di Indonesia, Film 'Lightyear' dilaporkan Batal Tayang di 14 Negara Karena Adegan Ciuman Sesama Jenis (Twitter /@RiseFallNickBck)
Termasuk di Indonesia, Film 'Lightyear' dilaporkan Batal Tayang di 14 Negara Karena Adegan Ciuman Sesama Jenis (Twitter /@RiseFallNickBck)

ENAMPAGI - Film spin-off Toy Story Pixar yang akan datang yaitu film Lightyear dilaporkan telah dilarang di 14 negara, termasuk Indonesia, Arab Saudi, Lebanon, Mesir, Malaysia, Uni Emirat Arab, dan masih banyak lagi karena adegan yang menggambarkan ciuman sesama jenis.

Film Lightyear, yang menceritakan petualangan kadet luar angkasa Buzz Lightyear, dijadwalkan akan dirilis akhir pekan ini.

Film Lightyear ini menyertakan ciuman sesama jenis, meskipun adegan itu tidak secara eksplisit dicantumkan sebagai alasan untuk melarang pemutaran film tersebut. UEA, seperti negara-negara lain di Timur Tengah dan negara-negara di seluruh dunia yang mayoritas penduduknya Muslim, mengkriminalisasi hubungan sesama jenis.

Baca Juga: Lee Jun Ho 2PM Dikabarkan Akan Membintangi Drama Baru 'Unwritten Law'

Adegan dalam film Lightyear yang menggambarkan seorang penjaga ruang angkasa lesbian bernama Alisha dan pasangannya berbagi ciuman singkat awalnya telah dipotong oleh Disney, tetapi dipulihkan kembali setelah animator Pixar menulis surat terbuka yang mengkritik perusahaan karena menyensor "kasih sayang gay yang terang-terangan" dalam film-filmnya.

Akibatnya, film Lightyear tidak akan diputar di bioskop di seluruh Arab Saudi, Uni Emirat Arab, Lebanon, Mesir, Malaysia, Indonesia, dan lainnya, lapor Reuters. Namun sampai saat ini, pihak Disney belum berkomentar.

Dewan Media Nasional Uni Emirat Arab mengumumkan melalui Twitter pada hari Senin, 13 Juni 2022 bahwa film Lightyear tidak akan dilisensikan untuk diputar di bioskop “karena melanggar standar konten media negara”.

Baca Juga: Lirik Lagu Melawan Restu - Mahalini, Single yang Sedang Hits

Sebuah laporan Variety juga mengklaim bahwa film Lightyear awalnya disetujui untuk dirilis di UEA, tetapi lisensinya dicabut setelah posting di media sosial menuduh film tersebut menghina Muslim dan Islam.

Halaman:

Editor: Eko Pradesa Subekti

Sumber: nme.com, npr.org

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Bikin Haru, Inilah Arti Lagu 'Apuse' dari Papua

Jumat, 1 Juli 2022 | 06:33 WIB
X