• Sabtu, 2 Juli 2022

Tahukah Anda Sejarah Terbentuknya Ka’bah? Berikut Penjelasannya

- Sabtu, 18 Juni 2022 | 14:30 WIB
Bagi Anda Jemaah Haji Yang Sudah Pernah Berkunjung Ke Ka’bah Tahukah Anda Sejarah Terbentuknya Ka’bah (Pixabay)
Bagi Anda Jemaah Haji Yang Sudah Pernah Berkunjung Ke Ka’bah Tahukah Anda Sejarah Terbentuknya Ka’bah (Pixabay)

ENAMPAGI – Tentunya para Jemaah Haji yang sedang melaksanakan beberapa rangkaian ibadah haji pasti akan mengelilingi ka’bah sebanyak tujuh kali atau searah jarum jam.

Tapi perlu Jemaah Haji ketahui bahwa ka’bah adalah kiblat umat muslim seluruh dunia karena bila kita sholat dimana pun kita berada entah itu di hutan atau ditempat yang tidak sewajarnya kita wajib membawa Kompas untuk mengetahui arah kiblat yang benar agar sholat kita sah.

Memang ka’bah jauh sebelum peradaban manusia. Ka’bah sudah ada di zaman nabi dan memang diperuntukkan sebagai kiblat umat muslim oleh Allah Swt yang sudah tercantum di Al-quran. Dan nabi Muhammad melakukan ibadah haji untuk pertama kalinya. Dan sampai sekarang itu dilakukan oleh para Jemaah Haji seluruh belahan dunia.

Berikut Sejarah Terbentuknya Ka’bah

Baca Juga: Sinopsis Drama Jepang 'Good Doctor' 2018 di Bintangi Oleh Kento Yamazaki

Melansir the Great Episodes of Muhammad saw. Karya Dr Al Buthy, awal mulanya bangunan ka’bah hanya memiliki tinggi 7 hasta, panjang 30 hasta, dan lebar 22 hasta tanpa atap.

Sejarah pembangunan ka’bah dimulai sejak zaman nabi Ibrahim a.s sampai kaum Quraisy sebelum datangnya islam dan terus berlangsung diteruskan Kembali pembangunannya di zaman nabi Muhammad saw. Beberapa bagian di bangunan ka’bah mengalami kerusakan akibat banjir bandang di zaman nabi nuh a.s yang Ketika itu meminta izin kepada Allah Swt untuk menenggelamkan kaumnya yang menduakan Allah Swt.

Dengan kondisi bagian atas ka’bah yang disebut qaa’idah atau qawaa’id bangunan kabah mulai diperbaiki dan direnovasi bagian – bagian yang mengalami kerusakan oleh nabi Ibrahim a.s dan nabi ismail a.s

Baca Juga: Lirik Lagu ‘Still Learning’ – Titi DJ, Jawaban untuk Lagu ‘Hati-Hati di Jalan – Tulus’ Versi Kedua

Halaman:

Editor: Wahidah Sofariah Asaroh

Sumber: 99.co

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Simak Perbedaan Haji dan Umrah

Kamis, 16 Juni 2022 | 14:00 WIB
X