Tips Berhemat ala Orang Jawa, Penuh Kearifan Lokal

- Selasa, 16 Mei 2023 | 17:20 WIB
Orang Jawa dengan filosofi dan kearifan lokal mereka dengan tips berhemat mereka (MahmurMarganti via pixabay.com)
Orang Jawa dengan filosofi dan kearifan lokal mereka dengan tips berhemat mereka (MahmurMarganti via pixabay.com)

ENAMPAGI.ID – Dengan kearifan lokal yang dimiliki masing-masing etnis, begitu pula dengan tips berhemat yang dimiliki oleh orang Jawa.

Tips berhemat gaya orang Jawa yang diwariskan turun temurun dari generasi ke generasi berikutnya yang berupa kearifan lokal, berupa wejangan (nasehat) untuk generasi berikutnya.

Begitu pula dengan orang Jawa yang lekat dengan filosofi mereka yang khas, begitu pula dalam istilah-istilah tips berhemat gaya orang Jawa yang menarik perhatian dengan kearifan lokal mereka yang lekat dengan kehidupan sehari-hari.

Baca Juga: Wow! Inilah Uang Bulanan Aurel Hermansyah dari Atta Halilintar, Benarkah Sampai Tembus 3 Digit?

Mereka juga mengenal istilah pembagian beberapa kebutuhan yang sifatnya pokok, berjangka, bahkan juga saving. Walaupun istilah-istilah yang mereka gunakan sungguh sangat lekat dengan kehidupan mereka

Beberapa tips gaya hidup orang Jawa ini diantaranya adalah

1. Kendi dan kendil

Yaitu wadah dari tanah liat untuk menyimpan air dan juga untuk menanak nasi. Sebagai istilah untuk memenuhi kebutuhan harian atau berkala. Seperti: makan, minum, membayar air, membayar listrik dan berbagai kebutuhan lainnya.

Kendil atau kendi ini, digunakan untuk memenuhi kebutuhan hidup (survival).

Baca Juga: Wajib Coba, Inilah 5 Perjalanan Kereta Api Jarak Jauh Terbaru yang Mulai Beroperasi 1 Juni 2023

2. Lumbung

Sebagai tempat untuk menyimpan padi atau hasil panen tertentu di zaman dulu. Ini ditujukan untuk menyimpan sebagai bekal keselamatan untuk beberapa waktu ke depan.

Seperti, simpanan untuk piknik, membeli buku, beribadah ke tanah suci, simpanan jika terjadi kerugian tertentu. Sifat simpanan ini berkala.

3. Waris

Istilah yang merujuk pada harta waris berupa tanah, barang berharga tertentu dan sebagainya. Ini ditujukan untuk simpanan jangka panjang. Seperti contohnya dana pensiun.

Halaman:

Editor: Anisa Dewi Ariani

Sumber: YouTube Mahdianto

Tags

Artikel Terkait

Rekomendasi

Terkini

Eksplorasi Lima Destinasi Seru di Puncak Bogor!

Rabu, 24 April 2024 | 04:57 WIB

Terpopuler

X