• Minggu, 5 Desember 2021

7 Kata ini Bisa Melawan Rasa Insecure Kamu

- Senin, 22 November 2021 | 20:48 WIB
Katakan 7 Kata Self Talk ini Saat Kamu Merasa Insecure (pexels)
Katakan 7 Kata Self Talk ini Saat Kamu Merasa Insecure (pexels)

ENAMPAGI – Rasa insecure merupakan perasaan kurang percaya diri, cemas atau takut yang berlebihan, sehingga cenderung untuk berhati-hati dalam bertindak maupun mengucap kata serta banyak sekali orang yang masih belum bisa melawan rasa insecure ini. 

Terkadang, orang yang insecure ini sering membandingkan diri dengan orang lain, tidak memiliki keberanian untuk keluar dari zona nyaman dan sulit sekali mengeluarkan kata untuk berkomunikasi, atau bahkan menaruh curiga kepada orang lain maupun lingkungan di sekitarnya dan sulit sekali rasanya untuk melawan rasa insecure ini bagi beberapa orang. 

Perasaan cemas, takut atau kurang percaya diri merupakan hal yang wajar dirasakan setiap orang. Namun, jika perasaan ini dirasakan dalam jangka waktu yang lama dan tidak bisa melawan rasa insecure ini, maka sobat Enampagi.id tidak boleh mengabaikannya, karena bisa mempengaruhi kemajuan dalam karir maupun kesehatan mental. 

Oleh karena itu, kelolahlah rasa insecurities-mu, salah satunya dengan membiasakan selft talk atau berkata pada diri sendiri. Berikut 7 kata yang dapat kamu lakukan saat merasa insecure, yaitu:

Baca Juga: Lakukan 8 Kebiasaan Ini! Demi Kesehatan Mental Kamu

  1. Didahului dengan mengucap nama kamu, kemudian katakanlah: hidup bukan sebuah kompetisi. Hanya karena orang lain bertumbuh lebih cepat darimu, bukan berarti kamu tidak bertumbuh. Kamu tetap bertumbuh dengan caramu sendiri.
  2. (Panggil namamu), kamu tidak perlu mengukur kesuksesanmu dengan standar orang lain. Kamu selalu bisa mendefinisikannya sendiri. Lagipula semua ada waktunya, dan keberhasilan orang lain juga termasuk bukan kegagalanmu.
  3. (Nama kamu), tidak perlu menjadi orang lain agar dihargai. Tidak perlu selalu berusaha menyenangkan orang lain agar diterima. Kamu layak dihargai dan diterima sejak awal. Menjadi dirimu sendiri versi yang terbaik itu sudah cukup, kok.
  4. (Nama kamu), proses hidup tiap orang itu tidaklah sama, jadi nggak ada yang perlu dibanding-bandingkan. Mari fokus sirami diri sampai tidak membandingi diri sendiri dengan orang lain.
  5. (Nama kamu), good looking atau tidak, punya privillege atau tidak, kamu tetap panatas dicintai, dan tetap layak mendapatkan banyak hal yang baik.
  6. (Panggil nama kamu), kalau orang lain tidak membalas kebaikanmu dengan cara yang sama, tidak apa-apa kok. Tidak semua orang harus menyukaimu, dan itu tidak akan mengurangi nilai yang ada pada dirimu.
  7. (Nama kamu), kamu bukan fikiran negatifmu, dan juga bukan sesuai dengan perkataan orang yang salah tentangmu. Kamu itu lebih dari segalanya yang mereka fikirkan dan katakan.

Demikianlah 7 kata yang dapat kamu lakukan saat merasa insecure. Semoga bermanfaat, dan silakan share artikel ini, agar manfaatnya dirasakan oleh banyak orang. ***

 

Editor: Marsya Hasna Ramadhani

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Meningkatkan Kemampuan Berbahasa Dengan media Flashcard

Minggu, 28 November 2021 | 07:00 WIB

5 Tanda Kamu Sebenarnya Sedang Butuh Dukungan Mental

Rabu, 24 November 2021 | 11:30 WIB

7 Kata ini Bisa Melawan Rasa Insecure Kamu

Senin, 22 November 2021 | 20:48 WIB

Lakukan 8 Kebiasaan Ini! Demi Kesehatan Mental Kamu

Senin, 22 November 2021 | 20:06 WIB
X