• Senin, 4 Juli 2022

Atasi Perut Kembung, Berikut 5 Hal yang Harus Dilakukan

- Senin, 16 Mei 2022 | 21:30 WIB
Ilustrasi: perut kembung ( pixabay /@derneuemann)
Ilustrasi: perut kembung ( pixabay /@derneuemann)

ENAMPAGI - Perut kembung merupakan hal umum yang sering dialami setiap orang.

Perut kembung adalah saat perut terasa penuh karena terjadinya penumpukan gas di saluran gastrointestinal. Kembung bisa menyebabkan perut terlihat lebih besar dari biasanya dan mungkin menyebabkan rasa nyeri.

Perut kembung bisa diatasi dengan berbagai hal, seperti dengan mengonsumsi obat, melakukan pijat, atau bahkan dengan perubahan gaya hidup sederhana yang dapat mencegah terjadinya perut kembung.

Jika anda sering merasakan perut kembung, berikut 5 hal yang bisa membantu anda mengatasi perut kembung.

Baca Juga: Perhatikan Dokumen yang Harus Dibawa Saat UTBK SBMPTN 2022, Jangan Sampai Lupa

1. Tidak Mengonsumsi Minuman Beralkohol

Menurut Robynne Chutkan, seorang ahli gastroenterologi pendiri Pusat Pencernaan Wanita di Chevy Chase menyatakan bahwa alkohol bisa menghilangkan bakteri baik yang seharusnya berguna dalam sistem pencernaan tubuh manusia. Alkohol dapat menyebabkan gastritis yang bisa memicu perut kembung dan kerusakan hati.

2. Mengurangi Minuman Isotonik

Minuman isotonik atau minuman olahraga dipasarkan untuk para individu yang rajin berolahraga atau para atlit profesional. Minuman ini penuh dengan pemanis buatan, ekstra natrium, jumlah kalori berlebih dan lainnya yang semuanya dapat menyebabkan perut kembung. Setelah berolahraga dianjurkan untuk mengisi kembali cairan tubuh dengan air biasa atau air kelapa tanpa pemanis dan tanpa rasa.

Halaman:

Editor: Eko Pradesa Subekti

Sumber: healthline

Tags

Artikel Terkait

Terkini

X