Resmi, Xavi Hernandez Bakal Jadi Pelatih Baru Klub Bola Barcelona

- Kamis, 28 Oktober 2021 | 21:08 WIB
Resmi, Xavi Hernandez Bakal Jadi Pelatih Baru Barcelona (pexels)
Resmi, Xavi Hernandez Bakal Jadi Pelatih Baru Barcelona (pexels)

ENAMPAGI - Usai pemecatan Ronald Koeman sebagai pelatih pada Kamis, 28 Oktober 2021, klub bola asal Spanyol Barcelona tampaknya sudah menemukan pelatih baru untuk squadnya. Xavi Hernandez, pelatih klub bola Al-Sadd, resmi menjadi pelatih Barcelona yang baru.

Jurnalis sepak bola asal Italia, Fabrizio Romano, menyampaikan kabar pergantian pelatih klub bola Barcelona tersebut dalam cuitannya di akun Twitter @FabrizioRomano. Ia menulis dalam bahasa Inggris, “Barcelona akan mengumumkan pelatih interimnya yang baru. Dan orangnya adalah Xavi. Dia menerima tawaran melatih Barcelona setelah berbicara dengan Presiden Laporta beberapa hari yang lalu. (Xavi) masih menunggu proses pemutusan kontrak dengan Al-Sadd.” tulisnya (28/10).

Xavi Hernandez dikabarkan telah mencapai kesepakatan dengan Barcelona. Namanya sejak awal memang dijadikan kandidat kuat setelah didepaknya Koeman dari Camp Nou. Pemecatan Koeman sendiri dikarenakan ia hanya mampu memberikan 4 kemenangan skuad Barcelona dari 10 pertandingan LaLiga musim ini. Hal inilah yang membuat Barcelona cepat-cepat mencari pengganti dan Xavi dinilai menjadi pilihan yang tepat.

Bukan tanpa alasan Barcelona memutuskan mengangkat Xavi menjadi pelatih barunya. Sebelum menjadi pelatih Al-Sadd, Xavi adalah salah satu pemain muda di tim Barcelona B sebelum akhirnya naik ke kelas senior.

Baca Juga: DAMRI Bandung Sementara Berhenti Beroperasi, Kecuali di Tiga Rute ini

Selama 17 tahun bermain, ia mampu mencetak 85 gol dan 175 assists di 757 permainan di berbagai ajang.

Bisa dibilang, namanya tercatat sebagai salah satu legenda Barcelona karena prestasi yang diraihnya sebagai pemain.

Saat menjadi pelatih Al-Sadd pun, ia mampu memberikan 7 trofi kemenangan pada tim asal Qatar tersebut.

Baca Juga: Jadwal Ganti Spare Part Motor, Jangan Sampai Terlewat

Berkat faktor-faktor di atas, Xavi Hernandez dinilai akan mampu beradaptasi dengan cepat yang membuatnya dirasa tepat menjadi manajer (pelatih) baru Barcelona.

Dikabarkan, Xavi akan memboyong dua saudaranya yang juga menjadi asisten pelatih di Al Sadd, yakni Oscar Hernandez dan Sergio Alegre ke Barcelona serta menerima klausul 1 juta Euro.

Pelatih sepak bola sangat dibutuhkan yang professional karena fungsi pelatih adalah untuk bertanggung jawab kepada pemain, menentukan taktik dan strategi, dan memberikan motivasi kepada pemain.***  (GMM-Ikhwan Hamdani A)

 

Editor: Marsya Hasna Ramadhani

Tags

Artikel Terkait

Rekomendasi

Terkini

Mengapa Banyak Pemain Bola Pindah ke Liga Arab?

Rabu, 27 Desember 2023 | 14:00 WIB

Terpopuler

X