Ajang WSBK Sirkuit Mandalika Berpeluang Mendongkrak Ekonomi NTB, Gubernur NTB Memberikan Pernyataan Begini

- Kamis, 18 November 2021 | 13:00 WIB
World Superbike 2021 di Sirkuit Mandalika (Foto: Gorajuara/Media Magelang)
World Superbike 2021 di Sirkuit Mandalika (Foto: Gorajuara/Media Magelang)
 
ENAMPAGI.ID – World Super Bike 2021 'WSBK Sirkuit Mandalika' merupakan ajang balap motor dunia dan akan diselenggarakan di Pertamina Mandalika Street Circuit, yang akan dilaksanakan pada tanggal 19-21 November 2021 dan merupakan peluang untuk mendongkrak geliat ekonomi di Nusa Tenggara Barat.

Gubernur Nusa Tenggara Barat (NTB) Zulkieflimansyah mengungkapkan bahwa sebelum agenda World Superbike, ada Asia Talent Cup.
 
Walaupun hanya sekedar kualifikasi dan latihan-latihan, akan tetapi kegairahan dan dampak yang dirasakan sangat terasa luar biasa.

 
"Secara ekonomi sangat terasa dengan banyaknya pesawat yang datang ke Lombok. Apalagi Garuda sudah mengganti pesawat berbadan besar. Full tiketnya, akomodasi pun full, luar biasa," ujar Gubernur NTB dalam sebuah diskusi virtual Forum Merdeka Barat 9 (FMB9). Pada Selasa, 16 November 2021.
 
Dalam sebuah keterangan tertulis yang diterima Rabu, 17 November 2021. Zulkieflimansyah mengatakan bahwa okupansi hotel saat ini sudah tinggi.
 
Bukan hanya sekedar di daerah Mandalika saja, namun di daerah lain seperti Senggigi, Gili Trawangan juga sudah mulai ramai.

 
"Euforia ini dibarengi dengan kesiapan kami, sehingga tinggal tamu-tamu yang datang itu bukan hanya sekedar ingin melihat balapannya, tetapi melihat side event dengan hadirnya sirkuit balapan ini," katanya.

Zulkieflimansyah mengatakan bahwa Nusa Tenggara Barat belajar dari pengalaman beberapa negara lain yang telah sukses menyelenggarakan event-event internasional seperti Formula One di Singapura.
 
“Saat itu semua yang datang ke Singapura bukan hanya menyaksikan balapan, tetapi ramai menyaksikan aktivitas lain” katanya.

 
"Saya kira, kami sedang melakukan pembelajaran kolektif, feedback-feedback yang konstruktif, akan anda adjustement-adjustment, dan kami yakin dengan dimulainya Word Superbike pada weekend ini, akan menghadirkan eksternalitas positif yang banyak buat Provinsi NTB," kata Zulkieflimansyah.

Zulkieflimansyah juga mengatakan bahwa pihaknya akan berupaya semaksimal mungkin untuk menjadi tuan rumah yang baik dan memastikan semua pengunjung akan merasa aman dan nyaman saat menonton sekaligus menikmati eksotisme NTB.

Pertamina Mandalika Street Circuit yang mempunyai sebuah pemandangan perbukitan dan laut dibangun dengan teknologi aspal stone mastic asphalt (SMA). 
 
 
Sirkuit Mandalika juga tetap dapat digunakan untuk sebuah balapan dengan kecepatan hingga 330 km/jam dan tetap memiliki tingkat keamanan yang tinggi bagi para pembalap. 
 
Ajang World Super Bike ini merupakan sebuah pemanasan jelang acara gelaran yang lebih besar, yakni MotoGP pada tanggal 18-20 Maret 2022.***

Editor: Pamela Apriliana

Tags

Artikel Terkait

Rekomendasi

Terkini

Mengapa Banyak Pemain Bola Pindah ke Liga Arab?

Rabu, 27 Desember 2023 | 14:00 WIB
X