• Jumat, 20 Mei 2022

Desain Layar Seri iPhone 14 Pro Kelak Kabarnya Akan Berbeda, Seperti Apa?

- Jumat, 10 Desember 2021 | 08:00 WIB
iPhone with Notch Display (pexels.com/cottonbro)
iPhone with Notch Display (pexels.com/cottonbro)

ENAMPAGI - Layar di seri iPhone 14 Pro kelak kabarnya akan membawa desain baru yang berbeda dari generasi sebelumnya.

Seperti kita ketahui bahwa hingga di generasi seri iPhone 13 sekarang Apple masih membawa desain layar poni alias "notch" yang masih cukup lebar.

Dari kabar yang diberikan oleh Gizmochina.com, tampaknya pihak Apple akan merubah desain layar untuk generasi seri iPhone 14 Pro mendatang, artinya iPhone 14 Pro Max-pun sepertinya juga masuk dalam kategori yang ikut diubah.

Sejak generasi iPhone X di tahun 2017 yang lalu, pihak Apple memperkenalkan desain layar poni yang dikenal dengan istilah "notch" di bagian atas layar smartphone mereka, sebagai lokasi ditempatkannya kamera depan dan juga beberapa sensor AI (Artificial Intelligence).

Baca Juga: Hari Anti Korupsi Sedunia 2021, Jokowi: Penilaian Masyarakat Terhadap Pemberantasan Korupsi Dinilai Belum Baik

Dilansir Gizmochina dari "The Elec" yang mungkin dapat dipercaya, bahwa informasi yang didapat dari beberapa pabrikan pemasok layar, tampaknya perusahaan yang diketuai oleh Tim Cook itu sedang menyiapkan layar OLED yang punya desain lubang kamera (punch-hole design) dibanding notch untuk generasi seri iPhone 14 mendatang.

Laporan itu disertai kabar terbaru bahwa pihak Samsung (selama ini Apple memesan panel layar OLED dari pabrik Samsung) sudah menerima mesin dari Philoptics dan IPS Wonik yang berfungsi untuk memotong dan membuat lubang dipanel layar OLED.

Disebutkan jika keputusan Apple untuk mengubah desain layar dari poni (notch) ke punch-hole di seri iPhone 14 dan iPhone 14 Pro Max tersebut didasari dari kepercayaan Apple pada pabrikan layar Samsung.

Baca Juga: Chord Gitar ‘Let It Be’ dari The Beatles, Gitaran di Hari Raya Natal 25 Desember

Samsung memang selama ini dikenal sudah berpengalaman membuat layar dengan desain punch-hole selama beberapa tahun belakangan terakhir yang diperuntukkan bagi produksi smartphone-smartphone kelas mid-range dan kelas flagship mereka sendiri.

Secara teknis, seri iPhone 14 Pro milik Apple akan menggunakan teknologi Samsung yang disebut HIAA (Hole-in-Active-Area), metode itu disebut-sebut sebagai metode pemotongan dan pelubangan layar OLED yang paling mutakhir saat ini.

HIAA menggunakan pengeboran (pemotongan) laser anatar deposisi OLED dan Thin Film Encapsulation (TFE) dengan tingkat kesulitan yang tinggi, karena metode itu dilakukan pada panel layar plastik OLED fleksibel, karena pihak Samsung sendiri tidak menggunakan panel substrat kaca.

Baca Juga: Sinopsis Drama 'Layangan Putus' Episode 1A, Dibuka dengan Kecurigaan Kinan

Sejauh ini, pihak Apple memang hanya bergantung pada pabrik Samsung dalam membuat dan memesan panel layar bertipe OLED LTPO, namun kabarnya pihak pabrikan layar asal KOrea Selatan lainnya yakni LG, sedang merencanakan untuk menerima pesanan layar yang sama.

Namun, pihak LG sepertinya sedang menimbang-nimbang sekaligus sedang melakukan percobaan serta penelitian lebih lanjut, untuk menentukan apakah proses pengerjaan layar yang seperti itu seimbang, antara kualitas layar yang diminta dengan biaya produksinya.
 
Menarik untuk dinantikan apa gebrakan Apple ke depannya untuk meningkatkan kualitas dan tampilan layar di seri iPhone 14 Pro dan iPhone 14 Pro Max mereka nanti, karena pasti sudah banyak yang menunggu inovasi terbaru dari perusahaan yang dibidani oleh mendiang Steve Jobs tersebut.***

Editor: Pamela Apriliana

Tags

Artikel Terkait

Terkini

X