• Jumat, 20 Mei 2022

Tidak Puas Hanya HP Lipat, Samsung Siapkan Teknologi Layar Baru Lagi

- Jumat, 17 Desember 2021 | 20:30 WIB
Samsung Galaxy Z Flip 3 (samsung.com)
Samsung Galaxy Z Flip 3 (samsung.com)

ENAMPAGI - Samsung merupakan raksasa teknologi di negeri K-Pop sedang siapkan teknologi layar baru lagi yang bukan hanya layar lipat.  

Pihak Samsung dikabarkan sedang siapkan teknologi layar geser (sliding) yang dikombinasikan untuk HP lipat mereka di masa depan.

Seperti diketahui, di pasaran saat ini Samsung cukup dibilang berhasil dalam menghadirkan smartphone dengan teknologi layar lipat yakni Samsung Galaxy Fold dan Samsung Galaxy Flip.

Dimana Galaxy Flip mengadopsi teknologi layar lipat dalam bentuk "clamshell" alias menggunakan mekanisme buka tutup secara vertikal.

Baca Juga: Turnamen BWF World Championships 2021: Wakil Satu-satunya Indonesia Kalah di Babak 32 Besar

Menurut kabar yang beredar Samsung kini sedang mengembangkan perangkat lipat dengan mekanisme clamshell tersebut.

Masih dilansir Gizchina, Samsung pada bulan Juni 2021 yang lalu mengajukan paten ke WIPO (World Intellectual Property Organisation) yang digadang-gadang merupakan paten calon HP lipat terbaru Samsung.

Paten tersebut mendeskripsikan bahwa perangkat elektronik itu adalah kemampuan folding dan sliding sekaligus.

Baca Juga: Wisata Kuliner Yogyakarta: Jajanan Pinggir Jalan di Jogja, dari Sate Kere hingga Rujak Es Krim Pakualaman

Rekayasa gambar pada paten tersebut memperlihatkan struktur lipat disatu sisi namun di sisi lain juga membawa fitur slide.

Layar perangkat dapat memanjang ke arah sisi kanan. Selain itu, ada kemungkinan bahwa perintah tertentu dapat membuat perangkat tersebut untuk bergeser (slide) keluar.

Penggunanya juga akan bisa melipat layar pada sudut yang berbeda menggunakan mekanisme engsel dengan syarat layar gesernya sedang tidak digunakan.

Baca Juga: Jus Wortel Dapat Menyembuhkan Kanker Dalam waktu 72 Jam

Kemampuan kombinasi layar geser dan lipat itu akan memudahkan penggunanya untuk mengkonsumsi konten multimedia dengan layar yang lebih luas lagi, seperti menonton video, bermain game, dan lain sebagainya.

Seperti yang kita ketahui bersama, Samsung sendiri dikenal sebagai perusahaan teknologi yang cukup berani untuk menjadi "trendsetter" dalam mengembangkan inovasi-inovasi baru di produk mereka.

Tidak menutup kemungkinan jika kelak Samsung sudah berhasil mengembangkan adaptasi teknologi layar lipat hingga layar geser, pihak Korea Selatan itu juga akan beralih ke trend baru lainnya, dalam hal ini layar lipat yang dapat digulung.

Baca Juga: Lirik Lagu 'Demi Waktu' yang Dipopulerkan Grup Band Ungu, Maafkan Aku Menduakan Cintamu

Samsung tampaknya juga tengah mendorong pengembangan paten layar gulung, yang mempunyai sistem motorik untuk melipat dan mendorong layar yang dapat digulung keluar dan kedalam.

Sayangnya, detail lebih lanjut tentang perangkat tersebut masih langka, mengingat saat ini semua inovasi anyar itu masih sedang dalam tahap paten belaka.

Semua informasi mengenai Samsung yang sedang siapkan teknologi layar baru tadi, paling tidak dapat membuat warga dunia terbayang akan teknologi-teknologi yang dapat digunakan manusia di masa depan.***

Editor: Marsya Hasna Ramadhani

Tags

Artikel Terkait

Terkini

X