• Selasa, 6 Desember 2022

Sering Merasa Kedinginan di Pesawat? Ini Alasannya

- Rabu, 18 Mei 2022 | 15:30 WIB
Suhu kabin pesawat seringkali terasa dingin ( pixabay.com @ty_yang)
Suhu kabin pesawat seringkali terasa dingin ( pixabay.com @ty_yang)

ENAMPAGI - Saat naik pesawat, terkadang kita sering merasa kedinginan. Sering bertanya-tanya mengapa suhu pesawat terasa dingin ?

Mengapa suhu pesawat terasa dingin? Menurut ASTM (American Society for Testing and Materials) International melakukan penelitian yang meneliti hubungan antara orang yang pingsan saat berada di udara dengan tekanan dan suhu kabin.

ASTM menemukan bahwa suhu pesawat terasa dingin saat terbang cenderung membuat penumpang lebih mudah kedinginan karena kondisi medis yang dikenal sebagai hipoksia yaitu saat jaringan sel tubuh tidak menerima oksigen yang cukup.

Seseorang bisa pingsan jika kekurangan oksigen, dan bisa diperparah oleh tekanan di dalam kabin pesawat yang tinggi saat sedang terbang.

Baca Juga: 5 Aktris Thailand Dengan Bayaran Tertinggi Tahun 2022

AeroTime Hub melaporkan bahwa biasanya suhu di dalam pesawat berkisar antara 22°C dan 24°C atau kira-kira antara 71°F dan 75°F. Suhu tersebut mungkin terasa biasa bagi beberapa pennumpang yang hanya duduk diam di kursinya, namun bisa terasa cukup hangat jika para penumpang bergerak di dalam pesawat, memungkinkan mereka untuk berkeringat lebih banyak dan tidak akan merasa kedinginan.

Siapa yang mengontrol suhu di dalam pesawat? Menurut Josephine Remo, seorang pramugari Scandinavian Airlines, baik pilot maupun pramugari dapat mengontrol suhu kabin. Remo juga mengatakan setiap maskapai memiliki standar sendiri dalam mengatur suhu kabin.

Sementara Deanna Castro, seorang pendiri Future Flight Attendant dan telah memiliki 16 tahun pengalaman menjadi pramugari mengatakan jika di dalam kabin pesawat terdapat termostat. Banyak pesawat baru memiliki panel kontrol yang dapat digunakan pramugari untuk mengontrol suhu kabin.

Baca Juga: Bangkit dari Keterpurukan, Rangers Tiba di Final UEFA Liga Eropa Dibawah Asuhan Giovanni Van Bronckhorst

Halaman:

Editor: Eko Pradesa Subekti

Sumber: rd.com

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Harga Murah! Berikut Review Xiaomi 12T Indonesia

Minggu, 20 November 2022 | 17:30 WIB

Review Smart TV Mi TV 4, Produk Unggulan Dari Xiaomi!

Sabtu, 19 November 2022 | 06:00 WIB

Rekomendasi 5 TV UHD Terbaik, Nomor 5 Paling Murah!

Selasa, 8 November 2022 | 19:30 WIB

5 Rekomendasi HP 2 Jutaan Terbaik Bulan September 2022

Minggu, 11 September 2022 | 12:00 WIB

Waspada! Penipuan Akun Palsu Berkedok Bank BRI

Rabu, 3 Agustus 2022 | 21:30 WIB

Simak! Tips Menghemat Baterai HP Android

Selasa, 2 Agustus 2022 | 17:15 WIB
X