• Sabtu, 13 Agustus 2022

Alat Musik Tradisional Garut Pecahkan Rekor Dunia

- Selasa, 2 Agustus 2022 | 09:00 WIB
Alat Musik Celentung (Tangkapan layar YouTube @reropus)
Alat Musik Celentung (Tangkapan layar YouTube @reropus)

ENAMPAGI -  Calung dan angklung merupakan alat musik yang terbuat dari bambu yang sudah dikenal banyak masyarakat di Jawa Barat. Namun, kini ada satu lagi kreasi alat musik yang berasal dari daerah Selaawi, Kabupaten Garut yaitu alat musik 'Celentung'.

Alat musik celentung memang agak asing di telinga kita. Maklum saja, keberadaan celentung, hanya ada di Kecamatan Selaawi di Kabupaten Garut.

Kecamatan Selaawi dengan potensi bambunya mampu memaksimalkan serta mengoptimalkan potensi dengan menghasilkan produk-produk olahan bambu yang memiliki nilai jual dengan kualitas terbaik, bahkan produk yang dihasilkan bisa tembus ke pasar luar negeri.

Dikutip dari Infodesaku, Pada mulanya celentung ini hanya sebuah alat untuk dipakai mengusir hama burung di ladang atau persawahan dan hanya menjadi mainan sekaligus budaya bermusik tradisional bagi warga Selaawi.

Baca Juga: 10 Fakta Menarik Zodiak Taurus, Nomor 8 Paling Disenangi Pasangan

Bahan baku celentung terbuat 100 persen dari bambu, panjangnya kisaran 30 cm. Sedangkan dua bandul yang terpasang di sisi bulatan bambu berfungsi sebagai penabuh.

Celentung terdiri dari separuh bambu bulat yang memanjang dengan panjangnya lumayan beragam, antara 27 cm sampai 38 cm, ada juga yang berdiameter 6 cm.

Pada samping kanan kirinya ditempel bandul yang terbuat dari kayu. Ketika alat ini di goyangkan, bandul yang menempel pada batang bambu akan menghasilkan bunyi.

Baca Juga: Mengenal Sejarah Dari Puisi-Puisi Karya Rini Intama

Halaman:

Editor: Wahidah Sofariah Asaroh

Sumber: Twitter @Riskygustinaa

Tags

Artikel Terkait

Terkini

5 Rekomendasi Tempat Wisata di Swiss

Sabtu, 13 Agustus 2022 | 15:15 WIB

Mengenal Destinasi Wisata Pantai Ora di Maluku Tengah

Sabtu, 13 Agustus 2022 | 09:15 WIB

Chingu Cafe: Bandung Rasa Korea!

Sabtu, 13 Agustus 2022 | 07:30 WIB
X