• Sabtu, 3 Desember 2022

Gerbang Singkawang Timur Jadi Salah Satu dari 3 Gerbang Perbatasan Kota Singkawang Punya Motif Rumah Dayak loh

- Senin, 21 November 2022 | 21:00 WIB
Gerbang Singkawang Timur Jadi Salah Satu dari 3 Gerbang Perbatasan Kota Singkawang, Punya Motif Rumah Dayak Lho! (Youtube Singkawang Explore)
Gerbang Singkawang Timur Jadi Salah Satu dari 3 Gerbang Perbatasan Kota Singkawang, Punya Motif Rumah Dayak Lho! (Youtube Singkawang Explore)

ENAMPAGISingkawang membangun 3 gerbang yang ada di perbatasan kota Singkawang, salah satunya yakni gerbang Singkawang Timur.

Singkawang membangun gerbang tersebut dengan nama yang berbeda-beda, mulai dari gerbang Singkawang Selatan yang disebut gerbang Cap Go Meh, dan di Singkawang Utara yang di sebut gerbang Mahligai Pesisir dengan tema suku melayu.

Dikutip dari YouTube Singkawang Explore, untuk gerbang yang ketiga ini terletak di Singkawang Timur yang disebut gerbang Tama Ka Lawang dengan tema suku Dayak.

Dimana, gerbang ini memiliki arti silakan masuk ke gerbang atau pintu besar. Gerbang ini menawarkan sensasi eksotisme Dayak dengan pengaturan Rumah Panjang, ragam hias dan patung Dayak dalam tampilan kekinian.

Baca Juga: Dampak Gempa Cianjur 46 Orang Meninggal 700 Luka-Luka

Untuk rute sampai ke gerbang ini cukup lurus saja menuju kearah Kabupaten Bengkayang melewati tempat wisata Batu Belimbing yang terletak disebelah kanan samping masjid.

Untuk kondisi jalannya sendiri sedang ada proses pengerasan yang membuat jalannya tidak rata.

Untuk proses pengerasan jalannya tidak semua, ada beberapa jalan yang sudah bagus. Namun masih aman untuk dilalui.

Baca Juga: Kandungan Surat Al Hujurat Ayat 13, yang Dibacakan Ghanim Muftah di Pembukaan Piala Dunia 2022

Halaman:

Editor: Wahidah Sofariah Asaroh

Sumber: YouTube Singkawang Explore

Tags

Artikel Terkait

Terkini

X