lifestyle

Indonesia Rawan Gempa, Berikut Cara Mengantisipasi dan Hal yang Perlu Dilakukan saat Bumi Bergetar

Jumat, 17 Desember 2021 | 12:00 WIB
Berikut cara mengantisipasi dan hal yang harus dilakukan jika terjadi gempa, bencana alam yang belakangan sering terjadi di Indonesia (Pexels/Zoe Ho)

ENAMPAGI - Indonesia merupakan wilayah rawan gempa, hal ini bisa dilihat dari data yang ada di situs BMKG periode 8-17 Desember 2021.

Tercatat sekitar 20 gempa telah terjadi di Indonesia pada periode tersebut, dengan magnitudo bervariasi mulai dari 2 hingga 7.5 magnitudo.

Dengan rawan terjadinya gempa di Indonesia, sebaiknya kita harus mulai memahami cara mengantisipasi gempa atau hal yang harus dilakukan saat bumi bergetar.

Dikutip Enampagi.id dari BMKG.go.id, pengantisipasian gempa ini terbagi menjadi 3 segmen yaitu sebelum, sesaat, dan sesudah gempa.

Baca Juga: Menolak Lupa! Inilah Kronologi Agresi Militer Belanda 2

Sebelum Gempa Terjadi

1. Pastikan struktur dan letak rumah kamu mampu terhindar dari bahaya yang disebabkan gempa, misalnya longsor dan likuefaksi atau fenomena hilangnya kekuatan lapisan tanah akibat getaran gempa.

2. Perhatikan lingkungan tempat kamu berada, ingatlah letak pintu keluar, tangga darurat dan cari lokasi yang sekiranya aman bila terjadi gempa. Jangan lupa untuk belajar melakukan pertolongan pertama atau P3K.

3. Sebaiknya kamu harus menempel perabotan berat seperti lemari, kabinet dll. pada dinding dengan cara dipaku, atau cara lainnya. Hal ini akan mencegah benda berat bergeser atau bahkan menimpa orang saat terjadinya gempa. 

Baca Juga: Sinopsis Drama ‘Layangan Putus’ Episode 4B, Reza Rahadian Kepergok Selingkuh di Mobil

4. Sebaiknya benda berat di rumah maupun kantor kamu tidak disimpan di lantai atas, jika memungkinkan.
e.selalu sedia alat berikut: Kotak p3k, senter, radio, makanan suplemen atau air.

Saat Terjadi Gempa

1. Jika anda berada di dalam bangunan, sebaiknya lindungi diri dibawah meja, jika masih memungkinkan, kamu bisa lari keluar. 

Baca Juga: Mengenang Laura Anna, Keanu Angelo: Bukti kebaikan Laura, itu saya!

Halaman:

Tags

Terkini

Eksplorasi Lima Destinasi Seru di Puncak Bogor!

Rabu, 24 April 2024 | 04:57 WIB