lifestyle

5 Hal Penting yang Harus Dilakukan Seorang Muslim di Hari Jumat Agar Dapat Banyak Pahala!

Jumat, 14 Januari 2022 | 08:00 WIB
Banyak hal penting yang harus dilakukan oleh seorang Muslim di hari Jumat yang suci bagi umat Islam (Pexels.com/RaynL)

ENAMPAGI - Setidaknya ada lima hal penting yang harus dilakukan oleh seorang muslim di hari Jumat agar dapat banyak pahala serta kebaikan.

Banyak sekali keutamaan hari Jumat dalam Islam, termasuk hal-hal apa saja yang harus diperhatikan dan dilakukan oleh seorang muslim ketika itu.

Meski terlampau banyak, namun Tim Enampagi sudah merangkum sebanyak setidaknya lima hal penting apa saja yang harus dilakukan seorang muslim saat tiba hari Jumat agar mendapat pahala yang banyak.

Dikutip tim Enampagi.id dari aboutislam.net, berikut lima hal penting yang harus dilakukan seorang muslim di hari Jumat tersebut;

Baca Juga: Dikalahkan Bali United, Persib Bandung Gagal Mempertahankan Puncak Klasemen BRI Liga 1 2021-2022

1. Sucikan Diri dengan Baik dan Benar

Karena hari Jumat bukanlah hari biasa karena termasuk pada hari yang suci, untuk itu seorang muslim harus lebih berhati-hati dalam hal kebersihan.

Setiap muslim, khususnya laki-laki, harus mandi, memotong kuku, menyikat gigi, mengenakan pakaian bersih dan terbaik yang ia miliki, serta menggunakan wewangian yang harum (non alkohol).

Baca Juga: Cara Menuju Skywalk Senayan Park, Berburu Spot Foto Instagramable Terbaru di Jakarta

Ditinjau dari makna hadist-hadist tentang keutamaan hari Jumat dalam Islam, semua hal tadi harus dilakukan sebelum seorang muslim pergi untuk menunaikan ibadah sholat Jumat.

2. Mendengarkan Khutbah dan Sholat Jumat Berjamaah

Disarankan bagi semua laki-laki harus meninggalkan urusan-urusan duniawi ketika panggilan adzan untuk sholat Jumat akan berkumandang.

Baca Juga: Pria Penendang Sesajen di Gunung Semeru Terancam Hukuman Berat, Penyebar Video juga Kena Hukum?

Khutbah Jumat adalah sunnah dan penting untuk didengarkan dengan seksama oleh semua orang, seperti disebutkan oleh Nabi Muhammad SAW dalam hadist berikut:

Halaman:

Tags

Terkini

Eksplorasi Lima Destinasi Seru di Puncak Bogor!

Rabu, 24 April 2024 | 04:57 WIB