Indonesia Lolos Piala Asia U-23 2024: Erick Tohir Sukses Bangun Tradisi Juara Timnas

- Rabu, 13 September 2023 | 11:52 WIB
Indonesia Lolos Piala Asia U-23 2024: Erick Tohir Sukses Bangun Tradisi Juara Timnas (Instagram @timnasindonesia)
Indonesia Lolos Piala Asia U-23 2024: Erick Tohir Sukses Bangun Tradisi Juara Timnas (Instagram @timnasindonesia)

ENAMPAGI – Indonesia memastikan diri lolos ke Piala Asia U-23 2024 usai mengalahkan Turkmenistan pada babak Matchday Kualifikasi di stadion Manahan Solo, pada 12 September 2023 malam.

Pada Kualifikasi Piala Asia U-23 2024, Timnas (tim Nasional) Indonesia berhasil meloloskan diri usai mengalahkan dua pertandingan, yaitu Turkmenistan 2-0 dan Taiwan 9-0.

Kemenangan dalam Kualifikasi Piala Asia U-23 2024 tersebut menjadikan tim besutan Shin Tae Yong ini, menjadi juara grup karena menyapu bersih dua pertandingan sekaligus.

Baca Juga: 4 Resep Matcha Latte Ala Cafe Ini Mudah Dibuat dan Bisa Jadi Ide Jualan

Tak hanya itu, ini sekaligus membawa Timnas Garuda lolos ke Piala Asia U-23, dan bersaing dengan tim jagoan Asia lainnya, termasuk Korea Selatan dalam kejuaraan di Qatar.

Piala Asia U-23 2024 sendiri akan diselenggarakan pada 15 April hingga 3 Mei 2024. Yang mana akan melibatkan 16 tim saling beradu, tanpa terkecuali Timnas Indonesia.

Keberhasilan Timnas Indonesia ini menjadi sejarah baru buat Garuda Muda yang lolos untuk kali pertama ke Piala Asia U-23 sepanjang sejarah.

Baca Juga: Resep Matcha Latte Ini Mirip Starbucks, Begini Cara Membuatnya

Pasalnya menurut Koordinator Save Our Soccer (SOS) Akmal Marhali mengatakan kelolosan Timnas U-23 ke Piala Asia U-23 Qatar pada 2024, merupakan sejarah bagi sepak bola Indonesia. Sebelumnya, ucap Akmal, timnas U-23 selalu gagal dalam lima kali kualifikasi Piala Asia U-23.

Menurut Akmal, kesuksesan Erick Tohir membangun tradisi juara di berbagai level usia timnas tak lepas dari terbangunnya suasana tim yang harmonis dan kondusif. Akmal menilai Ketua Umum Persatuan Sepak bola Seluruh Indonesia (PSSI) Erick Thohir berhasil membangun suasana yang harmonis dan kondusif, baik di internal timnas maupun eksternal.

"Saat ini suasana yang sedang dibangun Pak Erick bagus. Kondisi PSSI saat ini kondusif karena hubungannya cukup bagus antara pemerintah dan PSSI, tidak ada lagi jarak seperti dulu, yang mana PSSI  terlalu alergi dengan pemerintah," ujar Akmal pada Selasa (12/9/2023).

Baca Juga: Resep Viral Indomie Bangladesh Ala Warkop Agem Medan, Begini Cara Membuatnya

Akmal mengatakan Erick memiliki kemampuan manajemen yang baik dalam menciptakan iklim sepak bola yang jauh lebih baik. Akmal menilai dukungan penuh Erick membuat para pemain timnas fokus mengeluarkan penampilan terbaiknya.

"Kenapa bisa mencetak tradisi juara sekarang, semua sangat tergantung pada harmonisasi, kondusivitas, dan yang paling penting kesejahteraan pelatih dan tim juga dijaga sehingga membuat pemain konsentrasi penuh karena tidak lagi berpikir masalah nonteknis seperti uang dan lain-lain, karena semua sudah terjamin," ucap Akmal.

Halaman:

Editor: Nur Kholifah

Sumber: ProMedia Teknologi

Tags

Artikel Terkait

Rekomendasi

Terkini

Mengapa Banyak Pemain Bola Pindah ke Liga Arab?

Rabu, 27 Desember 2023 | 14:00 WIB

Terpopuler

X