Sevilla Menjadi Raja Liga Eropa dan Inilah Beberapa Fakta Kemenangannya

- Kamis, 1 Juni 2023 | 21:10 WIB
Sevilla Menjadi Raja Eropa (Instagram.com/sevillafc)
Sevilla Menjadi Raja Eropa (Instagram.com/sevillafc)
 
ENAMPAGI.ID - Sevilla berhasil mengunci gelar ketujuh mereka di ajang Liga Eropa setelah mengalahkan AS Roma lewat drama adu penalti usai bermain imbang 1-1 di waktu normal.

Bermain di Puskás Aréna Budapest Hungária Kamis dini hari, Sevilla tertinggal lebih dulu usai Paulo Dybala mencetak gol untuk AS Roma di menit 34.
 
Namun Sevilla yang menyandang sebagai rajanya Liga Eropa langsung bergerak cepat dan mampu menyamakan kedudukan menjadi 1-1 di awal babak kedua.

Sayangnya skor 1-1 bertahan hingga laga usai pertandingan pun sempat dilanjutkan ke babak perpanjangan.
 
 
Sebelum akhirnya harus diadakan adu penalti di babak terus-terusan kiper Sevilla Yasin Bono menjadi pahlawan dengan menggagalkan dua eksekutor AS Roma.

Selain drama selama 120 menit ada beberapa fakta menarik yang mewarnai keberhasilan Sevilla menjuarai Liga Eropa musim.
 
Berikut beberapa fakta menarik Sevilla juara Liga Eropa 7 kali usai taklukan AS Roma.
 
1. Dominasi Sevilla
 
Kemenangan Sevilla atas AS Roma semakin mempertegas status mereka sebagai rajanya Liga Eropa. Tercatat tim asal Spanyol itu telah tujuh kali lolos ke final dan semuanya berakhir dengan gelar juara.
 
Baca Juga: Negara Asia Iri dengan Kedatangan Timnas Argentina ke Indonesia

Rekor apik Sevilla dimulai sejak tahun 2016 lalu kemudian berlanjut di final 2007, 2014, 2015, 2016, 2020 dan 2023. Menariknya Sevilla pun berhasil menang saat menghadapi tim-tim tangguh seperti Liverpool, Inter Milan, dan yang terbaru adalah AS Roma.

2. Catatan Menarik Montiel
 
Kemenangan Sevilla di babak adu penalti melawan AS Roma ditentukan lewat eksekusi Gonzalo Montiel. Sempat di gagalkan Rui Patricio namun setelah diulang tendangan Montiel berhasil berbuah gol dan Sevilla meraih juara.

Menariknya dengan gol tersebut berarti Montiel berhasil mengulangi torehan spesial di Piala Dunia 2022 lalu. Kala itu bersama Argentina Montiel juga menjadi eksekutor penalti penentu kemenangan Albi Celeste atas Prancis.

Dua babak adu penalti di dua final penting, dua kali menjadi penentu kemenangan. Montiel sepertinya mempunyai kepercayaan diri lebih di babak penalti.
 
Baca Juga: Bisakah Daur Ulang Sampah Menjadi Cuan?

3. Spanyol Rajai Eropa
 
Gelar juara Liga Eropa 2022-2023 tidak hanya menjadi catatan istimewa untuk Sevilla, akan tetapi juga untuk tim-tim asal Spanyol. Sejarah membuktikan bahwa tim Spanyol selalu menjadi unggulan di kompetisi Eropa.

Menurut catatan Okta, tim Spanyol selalu menang dalam 18 final kompetisi Eropa terakhir mereka ketika berhadapan dengan non Spanyol di partai final.

Sevilla menjaga tren tersebut di Liga Eropa, rekor menarik ini dimulai dari tahun 2022 silam ketika Real Madrid berhasil mengalahkan Bayern Leverkusen di Liga Champions.
 
Kini dua tim Spanyol menjadi yang terdepan di dua kompetisi teratas Eropa yaitu Real Madrid dengan 14 gelar champions dan Sevilla 7 gelar Liga Eropa.***

Editor: Anisa Dewi Ariani

Sumber: YouTube CERITA BOLA TOPLIST

Tags

Artikel Terkait

Rekomendasi

Terkini

Mengapa Banyak Pemain Bola Pindah ke Liga Arab?

Rabu, 27 Desember 2023 | 14:00 WIB

Terpopuler

X