Sejarah MotoGP di Indonesia dari Sentul Hingga Pindah ke Mandalika

- Selasa, 15 Maret 2022 | 13:00 WIB
Sejara MotoGP Indonesia yang Pernah Diadakan di Sentul Hingga Berpindah ke Sirkuit Mandalika (Instagram @motogp.mandalika)
Sejara MotoGP Indonesia yang Pernah Diadakan di Sentul Hingga Berpindah ke Sirkuit Mandalika (Instagram @motogp.mandalika)

ENAMPAGI - Ajang MotoGP Mandalika yang diselenggarakan di Indonesia akan digelar sebentar lagi dari tanggal 18 hingga 20 Maret 2022. Sejarah MotoGP Indonesia dari sirkuit Sentul hingga pindah ke Sirkuit Mandalika.

Sejarah MotoGP ternyata pernah diselenggarakan di Indonesia pada tahun 1997 di sirkuit Sentul. Namun pada tahun 2022 MotoGP pindah tidak diselenggarakan di Sirkuit Sentul melainkan di Sirkuit Mandalika, Lombok.

Berikut adalah sejarah singkat MotoGP di Indonesia dari Sentul Hingga Pindah Ke Mandalika

Sebelum diadakan di sirkuit Mandalika, Indonesia pernah menjadi tuan rumah dalam gelaran MotoGP yaitu pada tanggal 26 hingga 28 September 1997 di Sentul International Circuit.

Baca Juga: Syifa Hadju Bintangi Remake Film Korea 200 Pounds Beauty

Pada gelaran MotoGP yang diadakan di sirkuit Sentul pada tahun 1997 tersebut acara MotoGP masih bernama Grand Prix 500 cc yang menggunakan mesin 2 tak.

Namun karena krisis moneter yang melanda Indonesia, serta situasi keamanan dan politik pada tahun 1997 hingga 1998 sedang tidak aman. Indonesia memutuskan berhenti menjadi tuan rumah gelaran MotoGP.

Sirkuit Sentul terdiri dari 30 lap dengan total jarak 3,9 kilometer. Sebanyak 24 rider ikut bagian dalam gelaran Grand Prix 500 cc yang menggunakan mesin 2 tak pada tahun 1997.

Baca Juga: Link Nonton dan Download 17 Selamanya Episode 2A dan 3A Tayang 16 Maret 2022

Kini setelah 25 tahun Indonesia kembali menjadi tuan rumah MotoGP yang diadakan di Mandalika lombok, berbagai persiapan pun telah dilakukan oleh pihak Mandalika agar bisa menyuguhkan ajang gelaran MotoGP yang sesuai dengan standar Internasional.

Bahkan Tiket untuk menonton MotoGP yang digelar kembali di Indonesia setelah 25 tahun di Indonesia tepatnya di Sirkuit Mandalika telah habis terjual (sold out) untuk hari ketiga.

Hal ini disampaikan oleh Menteri BUMN, Erick Thohir pada konferensi pers yang diunggah di akun Youtube Erick Thohir, pada tanggal 6 Maret 2022. Selain itu akan ada tambahan 500 kursi di areal Grandstand untuk fans MotoGP.

Baca Juga: Bocoran Jawaban Wordle, Game Tebak Kata untuk Hari Ini, Selasa 15 Maret 2022: Menggoda

Animo masyarakat Indonesia yang sangat antusias membuat tiket MotoGP pada race day yaitu hari ketiga yang dibanderol mulai harga 500 ribuan habis terjual (sold out). Selain itu penambahan 500 kursi akan diberikan oleh pihak Dorna untuk fans Marc Marquez dan Maverick Vinales masing – masing 500 Kursi. ***

Editor: Pamela Apriliana

Sumber: Berbagai Sumber

Tags

Artikel Terkait

Rekomendasi

Terkini

Mengapa Banyak Pemain Bola Pindah ke Liga Arab?

Rabu, 27 Desember 2023 | 14:00 WIB

Terpopuler

X