• Sabtu, 3 Desember 2022

Kandungan Surat Al Hujurat Ayat 13, yang Dibacakan Ghanim Muftah di Pembukaan Piala Dunia 2022

- Senin, 21 November 2022 | 20:00 WIB
Kandungan Surat Al Hujurat Ayat 13 yang dibacakan oleh Ghanim Muftah di pembukaan Piala Dunia 2022 (Instagram @birateixeiraijui)
Kandungan Surat Al Hujurat Ayat 13 yang dibacakan oleh Ghanim Muftah di pembukaan Piala Dunia 2022 (Instagram @birateixeiraijui)

ENAMPAGI - Ghanim Muftah adalah seorang penyandang disabilitas yang ditunjuk sebagai Duta atau Brand Ambassdor Piala Dunia 2022 dan membacakan kandungan surat Al Hujurat Ayat 13.

Di acara pembukaan Piala Dunia 2022 pada tanggal 20 November, Ghanim Muftah bertugas mebacakan kandungan surat Al Hujurat Ayat 13.

Bunyi surat Al-Hujurat ayat 13 dan kandungan surat Al Hujurat Ayat 13 yang dibacakan Ghanim Muftah pada Piala Dunia 2022 adalah sebagai berikut :

Baca Juga: Intip 4 Rekomendasi Destinasi Wisata Alam Mempesona di Banjarmasin : Wisata Indah dengan Harga yang Murah!

يَٰٓأَيُّهَا ٱلنَّاسُ إِنَّا خَلَقْنَٰكُم مِّن ذَكَرٍ وَأُنثَىٰ وَجَعَلْنَٰكُمْ شُعُوبًا وَقَبَآئِلِتَعَارَفُوٓا۟ ۚ إِنَّ أَكْرَمَكُمْ عِندَ ٱللَّهِ أَتْقَىٰكُمْ ۚ إِنَّ ٱللَّهَ عَلِيمٌ خَبِيرٌ

Artinya : "Wahai manusia, sesungguhnya Kami telah menciptakan kamu dari seorang laki-laki dan perempuan, kemudian Kami menjadikan kamu berbangsa-bangsa dan bersuku-suku agar kamu saling mengenal. Sesungguhnya yang paling mulia diantara kamu disisi Alloh, ialah orang yang paling bertaqwa. Sesungguhnya Alloh Maha mengetahui dan Maha teliti." 

Dalam surat Al Hujurat ayat 13 ini terdapat beberapa kandungan, diantaranya : 

  1. Manusia berasal dari satu keturunan, yaitu dari Nabi Adam A.S dan Siti Hawwa. Sehingga pada hakikatnya semua manusia adalah setara. 
  2. Keragaman (berbangsa-bangsa dan bersuku-suku), Allah menciptakan keragaman supaya manusia bisa saling mengenal. 
  3. Manusia yang paling mulia disisi Allah adalah yang paling bertaqwa, bukan yang kaya atau tinggi jabatannya. Taqwa adalah menjalankan segala perintah, menjauhi segala larangan-Nya. 
  4. Allah Maha mengetahui segala perbuatan yang dilakukan manusia, termasuk tingkat ketaqwaannya. 
  5. Ajaran kesetaraan, toleransi, kerjasama, dan menghapus adanya diskriminasi. Kesetaraan dalam hak dan kewajiban, toleransi dalam beragama. 

Baca Juga: Dampak Gempa Cianjur 5.6 SR : BNPB melaporkan 46 Orang Tewas, 700 Terluka

Surat Al Hujurat ayat 13 yang dibacakan Ghanim Muftah ini menggambarkan situasi Piala Dunia 2022, dimana peserta Piala Dunia ini berasal dari berbagai negara. 

Disitu kita diajarkan untuk saling mengenal satu sama lain, toleransi antar agama, siapapun dirimu, apapun bangsamu, kamu tetaplah sama di hadapan Allah. 

Itulah makna yang terkandung dan tersirat dalam Al-Qur'an Surat Al Hujurat ayat 13, semoga kita dapat mengamalkan dan menerapkannya dalam kehidupan sehari-hari kita. Aamiin. ***

Editor: Bellinda Putri Hidayat

Sumber: YouTube Guruku Official

Tags

Artikel Terkait

Terkini

X