Melalui Pengembangan Talenta Indonesia, Microsoft Mendorong Ekonomi Digital yang Inklusif

- Minggu, 18 Juni 2023 | 06:00 WIB
Ilustrasi talenta digital Indonesia (freepik.com)
Ilustrasi talenta digital Indonesia (freepik.com)

ENAMPAGI - Indonesia berada di puncak gelombang transformasi digital yang luar biasa. Berdasarkan perkiraan para ahli, nilai ekonomi digital Indonesia akan mencapai $130 juta pada tahun 2025.

Namun, perkembangan pesat juga datang dengan tantangan dalam ketersediaan bakat terampil. Transformasi digital Indonesia membutuhkan setidaknya 9 juta tambahan talenta digital pada tahun 2030, atau 600.000 talenta per tahun.

Microsoft percaya bahwa pertumbuhan ekonomi harus inklusif - setiap individu, organisasi, dan komunitas berhak mendapatkan kesempatan yang sama untuk berpartisipasi dan berkontribusi pada pertumbuhan ekonomi digital Indonesia.

Microsoft juga percaya bahwa memperkuat literasi dan keterampilan digital serta mencocokkan bakat dengan pekerjaan yang dapat menggunakan keterampilan mereka.

Baca Juga: Inilah Beberapa Cara Masyarakat Ikut Berperan dalam Pemberantasan Korupsi

Hal tersebut merupakan kunci penting untuk mempercepat transformasi Indonesia. Microsoft telah beroperasi di Indonesia sejak tahun 1995.

Saat ini, Microsoft memperkuat komitmennya untuk berpartisipasi dalam tujuan digital Indonesia melalui inisiatif #berdayakanIndonesia.

Aktivitas nyata Microsoft dalam meningkatkan keterampilan para ahli digital dapat dilihat dalam beberapa topik, misalnya.

1. Pelatihan Literasi Digital untuk Semua

Pada Januari 2023, Microsoft meluncurkan program Skills for Jobs Indonesia bekerja sama strategis dengan Menteri Koordinator Bidang Perekonomian.

Baca Juga: Resep Soto Betawi Segar dan Wangi Tanpa Santan

Program ini bertujuan untuk memberikan literasi digital, keterampilan digital, dan persiapan  kerja gratis kepada setidaknya 1 juta orang Indonesia pada tahun 2024.

Program ini membantu para peserta memperoleh sertifikasi Microsoft yang  diakui secara global untuk meningkatkan karir mereka di masa depan.

Pada Januari 2023, program ini melatih 385 pelatih Kementerian Ketenagakerjaan Indonesia yang mewakili berbagai organisasi.

Halaman:

Editor: Bellinda Putri Hidayat

Sumber: Microsoft

Tags

Artikel Terkait

Rekomendasi

Terkini

Rekomendasi Smartwatch di bawah 1 Juta

Senin, 25 Desember 2023 | 16:40 WIB

7 Smartwatch Terbaik Dibawah 500 Ribu 2023

Senin, 25 Desember 2023 | 15:40 WIB

Keren!! iPhone 15: Ponsel Canggih Dengan Fitur Baru

Rabu, 13 September 2023 | 06:30 WIB

Lupa Akun Mi Cloud? Begini Cara Mudah Membukanya!

Sabtu, 2 September 2023 | 06:00 WIB
X