Dahor Heritage, Rumah Pekerja Kilang Zaman Belanda Di Balikpapan

- Minggu, 4 Februari 2024 | 16:45 WIB
Dahor Heritage, Wisata Rumah Pekerja Di Balikpapan  (Isti)
Dahor Heritage, Wisata Rumah Pekerja Di Balikpapan (Isti)

ENAMPAGI.ID - Dahor Heritage, sebuah bangunan bersejarah yang menjadi saksi bisu dari masa kolonial Belanda di Balikpapan, Indonesia.

Bangunan ini dulu dikenal sebagai Rumah Pekerja Kilang Zaman Belanda, memancarkan aura nostalgia yang menceritakan kisah industri dan kehidupan pada masa lalu.

Terletak di pusat kota Balikpapan, Dahor Heritage menggambarkan arsitektur khas Belanda dengan gaya bangunan yang mencirikan periode kolonial.

Baca Juga: Aquaboom BSB, Waterpark Favorit Di Kota Balikpapan

Bangunan ini telah menjalani perjalanan panjang sejak dibangun pada awal abad ke-20, menjadi saksi bisu perkembangan sejarah dan perubahan di sekitarnya.

Rumah Pekerja Kilang Zaman Belanda ini awalnya didirikan sebagai tempat tinggal bagi para pekerja pabrik di era kolonial.

Seiring berjalannya waktu, bangunan ini mengalami transformasi dan pemugaran untuk mempertahankan keasliannya.

Saat ini, Dahor Heritage menjadi salah satu daya tarik wisata sejarah di Balikpapan, menarik pengunjung yang ingin mengenal lebih dekat bagian penting dari sejarah lokal.

Baca Juga: Kebun Raya Di Balikpapan, Wisata Edukasi Terbaik Di Kalimantan

Dengan corak arsitektur yang kaya akan detail, Dahor Heritage mengajak kita melihat bagaimana kehidupan di masa lalu terwujud dalam bentuk dinding batu bata, jendela-jendela besar, dan atap genteng merah.

Di dalamnya, pengunjung dapat menjelajahi ruang-ruang yang menceritakan kisah pekerja kilang dan kehidupan sehari-hari pada masa itu.

Selain sebagai saksi sejarah, Dahor Heritage juga berfungsi sebagai pusat edukasi bagi masyarakat setempat dan wisatawan.

Berbagai acara dan pameran diadakan di sini untuk memperkenalkan warisan budaya dan sejarah yang dimiliki Balikpapan.

Dengan demikian, Dahor Heritage tidak hanya menjadi tempat wisata, tetapi juga wadah bagi pelestarian dan penghargaan terhadap warisan lokal.

Baca Juga: Pantai Banua Putra, Tempat Melihat Sunset Di Balikpapan

Halaman:

Editor: Isti W

Sumber: URBAN CIANJUR.COM

Tags

Rekomendasi

Terkini

Terpopuler

X