Bukit Siguntang, Jejak Peninggalan Kerajaan Sriwijaya Di Palembang

- Rabu, 21 Februari 2024 | 08:30 WIB
Bukit Siguntang, Wisata Sejarah Peninggalan Kerajaan Sriwijaya Di Palembang  (Isti)
Bukit Siguntang, Wisata Sejarah Peninggalan Kerajaan Sriwijaya Di Palembang (Isti)

ENAMPAGI.ID - Bukit Siguntang merupakan salah satu situs sejarah yang penting di Palembang, Indonesia.

Terletak di daerah Bukit Besar, kira-kira 3 kilometer dari pusat kota Palembang, Bukit Siguntang memiliki nilai sejarah yang tinggi dan menjadi destinasi wisata budaya yang menarik bagi para pengunjung.

Dengan luas sekitar 8 hektar, bukit ini menjadi saksi bisu dari peradaban masa lampau serta menyimpan beragam artefak bersejarah yang menggambarkan kejayaan dan kehidupan masyarakat kuno di wilayah ini.

Baca Juga: Kampung Arab Al Munawar, Wisata Religi Di Palembang

Salah satu hal yang membuat Bukit Siguntang begitu istimewa adalah keberadaan situs-situs arkeologi yang tersebar di sekitarnya.

Di puncak bukit, terdapat beberapa batu prasasti yang diyakini berasal dari abad ke-7 hingga ke-9 Masehi.

Batu-batu prasasti ini memberikan informasi penting tentang sejarah dan kebudayaan kerajaan-kerajaan yang pernah berkuasa di wilayah ini, seperti Kerajaan Sriwijaya.

Selain batu prasasti, Bukit Siguntang juga dikenal dengan adanya situs-situs makam kuno yang diyakini sebagai tempat peristirahatan terakhir para raja dan bangsawan dari masa lampau.

Para arkeolog telah menemukan berbagai artefak berharga seperti perhiasan, alat-alat rumah tangga, dan pecahan tembikar yang memberikan gambaran tentang kehidupan masyarakat pada masa itu.

Baca Juga: Palembang Bird Park, Wisata Edukasi Satwa Di Sumatera

Tidak hanya sebagai situs sejarah, Bukit Siguntang juga memiliki keindahan alam yang memikat.

Dari puncak bukit, pengunjung dapat menikmati pemandangan panorama kota Palembang yang memukau, terutama saat matahari terbenam.

Keindahan alam yang disandingkan dengan nilai sejarah yang tinggi menjadikan Bukit Siguntang sebagai tempat yang cocok untuk berwisata sekaligus mempelajari sejarah dan budaya lokal.

Namun, meskipun memiliki potensi wisata yang besar, Bukit Siguntang masih memerlukan perhatian lebih dari pemerintah dan masyarakat dalam hal pelestarian dan pengembangan.

Perlunya upaya konservasi yang lebih serius untuk melindungi situs-situs bersejarah serta peningkatan fasilitas dan aksesibilitas.

Halaman:

Editor: Isti W

Sumber: Urban Bandung

Tags

Rekomendasi

Terkini

Terpopuler

X