Masjid Agung An-Nur Di Pekanbaru Riau, Tajmahalnya Indonesia

- Jumat, 23 Februari 2024 | 13:05 WIB
Masjid An-Nur, Rekomendasi Wisata Religi Di Pekanbaru, Riau  (Isti)
Masjid An-Nur, Rekomendasi Wisata Religi Di Pekanbaru, Riau (Isti)

ENAMPAGI.ID - Masjid Agung An-Nur merupakan sebuah masjid yang termegah dan menjadi salah satu ikon dari kota Pekanbaru.

Masjid An-Nur terletak di pusat kota sehingga masjid ini merupakan tempat yang cocok dikunjungi ketika berada di ibukota provinsi Riau.

Masjid An-Nur dikenal juga dengan sebutan trapiklat Taj Mahal sebutan replika Taj Mahal tidak lain karena bentuknya mirip dengan salah satu dari bangunan di India.

Kemegahan masjid ini juga dapat dilihat dari arsitekturnya yang merupakan gabungan dari gaya Melayu Turki Arab dalam bentuk naga India.

Baca Juga: Pasar Bawah, Destinasi Wisata Belanja Favorit Di Pekanbaru

Masjid ini tidak hanya menjadi tempat beribadah bagi umat muslim namun sangat ramai dikunjungi oleh wisatawan yang datang dari berbagai daerah.

Keunikan bangunannya memang menjadi daya tarik tersendiri bagi para wisatawan, masjid yang didominasi dengan warna hijau ini mulai dibangun tahun 1963 dan selesai tahun 1968.

Masjid Agung An-Nur sekarang historis memiliki rencana pembangunan sejak tahun 1963 namun baru dapat direalisasikan pada tahun 1966, saat itu Gubernur dari Riau adalah Baharudin Nasution.

Pada tanggal 19 Oktober 1968 Hijriah masjid ini akhirnya resmi dibuka oleh Arifin Ahmad yang menjadi Gubernur Riau setelah Gaharuddin Nasutio.

Dengan adanya kemajuan pendidikan yang ada di Indonesia terlihat bahwa dahulunya masjid ini pernah menjadi kampus dari fakultas Ushuluddin IAIN Institute agama Islam Negeri Sultan Syarif Kalvin Pekanbaru.

Baca Juga: Wisata Okura Destinasi Wisata Di Pekanbaru Yang Menarik

Tidak hanya berbagai pepohonan dalam rumah kampungan tumbuhan kurma yang biasanya tumbuh di Jazirah Arab juga tumbuh di kawasan masjid.

Pada tahun 2016 terdapat proses penanaman pertama berupa pohon kurma dan selanjutnya rencananya akan ditanami lebih banyak pohon kurma lagi.

Ketika sedang berbuah pohon-pohon kurma ini menjadi daya tarik bagi pengunjung untuk datang ke masjid agung An-Nur.

Masjid agung An-Nur terkenal karena bentuk bangunannya yang sangat mirip dengan Taj Mahal yang merupakan bangunan di India yang menjadi salah satu dari tujuh keajaiban dunia.

Halaman:

Editor: Isti W

Sumber: Urban Bogor

Tags

Rekomendasi

Terkini

Terpopuler

X