Kanker Tulang Ini Gejala dan Cara Pengobatannya

- Minggu, 25 Februari 2024 | 10:45 WIB
Kanker Tulang, Kenali Tanda dan Gejala Yang Terjadi  (Isti)
Kanker Tulang, Kenali Tanda dan Gejala Yang Terjadi (Isti)

ENAMPAGI.ID - Kanker tulang tidak dapat menyebar ke bagian tubuh lain tulang dapat menyebar ke organ tubuh sel ganas tulang.

Kanker tulang dapat menyebar melalui aliran darah sehingga sel kanker bisa menyebar ke organ di seluruh tubuh, paling sering menyebar ke paru-paru.

Kanker tulang juga dapat menyebar ke tulang baik dengan cara menggerogoti tulang yang letaknya berdekatan dengan kanker induknya ataupun penyebaran melalui aliran darah ke tulang yang jauh dari kanker induk.

Baca Juga: Kanker Nasofaring, Gejalanya Sulit Mendengar dan Berbicara

Memang kanker tulang di daerah tulang belakang atau panggul dapat menyebabkan sakit punggung yang disertai dengan nyeri.

Dapat disebabkan oleh beberapa macam faktor seperti contohnya HMP atau hernia nucleospoposis atau orang bilang saraf kejepit.

Kemudian adanya cedera otot di bagian punggung atau nyeri akibat trauma atau benturan.

Karena itu nyeri punggung harus dilakukan pemeriksaan terlebih dahulu untuk memastikan penyebab pasti dari nyeri tersebut dan akan diobati sesuai dengan penyebab nyeri tersebut.

Benjolan dapat menjadi gejala yang timbul pada kanker namun tidak semua benjolan itu merupakan kanker.

Baca Juga: Stress Bisa Jadi Pemicu Penyakit Kanker Prostat, Ini Faktanya!

Hal yang sama berlaku juga pada tulang tidak semua benjolan pada tulang itu merupakan sebuah keganasan.

Benjolan pada tulang dapat diakibatkan oleh penumbuhan tulang yang bersifat jinak kemudian mungkin adanya proses infeksi atau trauma seperti benturan atau bengkak.

Perlu dilakukan pemeriksaan lebih lanjut seperti ronsen atau Cen atau MRI bahkan biopsi untuk menentukan penyebab pastinya benjolan pada tulang.

Amputasi merupakan jalan satu-satunya agar sembuh dari kanker tulang, kalau dibilang satu-satunya itu adalah mitos.

Pengobatan pada kanker tulang bergantung pada stadiumnya, pilihan utama pengobatan kanker tulang memang merupakan operasi.

Halaman:

Editor: Isti W

Sumber: URBAN CIANJUR.COM

Tags

Rekomendasi

Terkini

Terpopuler

X