travel

Mengenal 7 Taman Bumi ‘Geopark’ yang ada di Sumatera Barat, Dari Warisan Budaya UNESCO Hingga Gua Batu Kapal

Rabu, 23 November 2022 | 13:15 WIB
Destinasi Wisata Sejarah Sawahlunto yang menjadi salah satu Warisan Budaya UNESCO pada tahun 2019 ( instagram / @exploresawahlunto)

ENAMPAGI – Ada lagi nih, destinasi wisata keren di Sumatera Barat, yaitu Geopark. Geopark sendiri merupakan singkatan dari Geological Park atau berarti Taman Bumi.

Sumatera Barat memiliki cukup banyak Geopark yang menawan. Geopark dapat didefinisikan sebagai suatu Kawasan yang memiliki unsur-unsur geologi yang bernilai tinggi.

Di Sumatera Barat, atau bahkan di daerah lainnya yang terdapat Geopark, masyarakat setempat diajak untuk melindungi atau meningkatkan fungsi warisan alam tersebut, termasuk nilai arkeologi, ekologi, dan budaya yang ada di dalamnya.

Baca Juga: Hasil Skor Piala Dunia 2022: Perancis Menang Telak Atas Australia, Giroud Cetak Brace

Inilah 7 warisan budaya Geopark unik di Sumatera Barat yang keren dan memukau, seperti dilansir Enampagi.id dari Youtube Creative Hamdi

1. Danau Maninjau

Nama danau ini berasal dari kata ‘Maninjau’ yang berarti memandang ke seberang. Danau Maninjau merupakan salah satu danau vulkanik dan terletak di 38 km sebelah barat kota Bukittinggi dengan ketinggian sekitar 460 mdpl.

Danau ini terbilang sangat luas, mencapai 100 km2 dengan kedalaman sekitar 440 meter.

Panorama danau ini akan menjadi lebih sempurna apabila dilihat dari ketinggian. Biasanya wisatawan akan naik ke Bukit Pinus Purnama Puncak Lawang atau dari Kelok 44 untuk menikmati panorama Danau Maninjau dari ketinggian.

Untuk menuju danau ini perlu melewati Kelok Ampek Puluah Ampek atau Kelok 44 terlebih dahulu yang berisi 44 tikungan jalan dengan latar belakang hijau pesawahan.

Baca Juga: Gempa Cianjur : Seorang Ibu Melahirkan di Tenda Pengungsian, Ridwan Kamil Diminta Memberi Nama

2. Danau Tarusan Kamang

Danau ini berlokasikan di Kabupaten Agam, Sumatera Barat. Destinasi wisata ini menawarkan pemandangan alam yang unik.

Keunikan Danau Tarusan Kamang dapat dilihat dari adanya lapangan rumput yang hijau ketika danau surut.

Halaman:

Tags

Terkini

Mengenal Paylater: Cara Kerja, Manfaat dan Resiko

Minggu, 21 April 2024 | 13:41 WIB