Menarik Nih! Destinasi Wisata 'Candi Muara Takus' di Pekanbaru Riau, Candi Tertua di Sumatera

- Jumat, 2 Desember 2022 | 20:15 WIB
Destinasi wisata 'Candi Muara Takus' di Pekanbaru Riau (Instagram @exploreprovriau)
Destinasi wisata 'Candi Muara Takus' di Pekanbaru Riau (Instagram @exploreprovriau)

ENAMPAGI – Banyak destinasi wisata yang menarik dan hits khususnya di Pekanbaru Riau yang wajib untuk dikunjungi, salah satunya Candi Muara Takus.

Perjalanan menuju destinasi wisata yang berada di Pekanbaru Riau yakni destinasi Candi Muara Takus di daerah Kampar Riau.

Jarak tempuh ke destinasi wisata Candi Muara Takus kurang lebih 116 km atau sekitar 3 jam perjalanan dengan kendaraan, melewati jalur utama yakni Pekanbaru Riau.

Dilansir dari YouTube Real Gusday, destinasi wisata Candi Muara Takus ini merupakan situs cagar budaya yang terletak di desa Muara Takus, Kecamatan Koto Kampar, Kabupaten Kampar, Riau.

Baca Juga: Link Nonton Live Streaming Serbia Vs Swiss di Piala Dunia 2022 Tanggal 3 Desember 2022 Jangan Sampai Kelewatan

Pembangunan candi ini pun tak terlepas dari budaya India seperti dalam aspek bangunan, gaya arsitektur dan ornament ataupun hiasan dari candi ini.

Biasanya tempat wisata ini ramai pengunjung pada hari Minggu, banyak pengunjung yang datang ke tempat ini untuk berlibur.

Dimana Candi Muara Takus ini terbuat dari baru bata merah dari tepian sungai, tidak seperti candi-candi yang berada di Jawa Tengah yang terbuat dari batu andesit.

Candi ini merupakan peninggalan Kerajaan Sriwijaya dan termasuk candi tertua yang ada di Indonesia yang ditemukan di Sumatera.

Halaman:

Editor: Bellinda Putri Hidayat

Sumber: YouTube Real Gusday

Tags

Artikel Terkait

Terkini

X