Destinasi Wisata Air Terjun Haratai di Kalimantan Selatan, Tempat dengan Nilai Luhur, Kira-kira Apa Ya?

- Senin, 23 Januari 2023 | 15:00 WIB
Destinasi wisata Air Terjun Haratai di Kalimantan Selatan (Instagram @pesona.kalimantan)
Destinasi wisata Air Terjun Haratai di Kalimantan Selatan (Instagram @pesona.kalimantan)

ENAMPAGI - Destinasi wisata unik ini berada di Kalimantan Selatan Tepatnya di Loksado Hulu Sungai Selatan yakni Air Terjun Haratai.

Destinasi wisata Air Terjun Haratai ini berlokasi di Desa Haratai Kecamatan Loksado Kabupaten Hulu Sungai Selatan Kalimantan Selatan.

Dikutip dari Youtube Wisata Kalimantan pada 20 Juni 2022, jika pengunjung ingin berwisata ke destinasi wisata Air Terjun Haratai Kalimantan Selatan ini pengunjung akan turun di terminal Loksado yang menjadi batas akhir mobil.

Jika pengunjung ini naik ke Air Terjun Haratai pengunjung harus menggunakan kendaraan roda dua.

Baca Juga: Lagi Hits!!! Rekomendasi Tempat Wisata di Cimahi, Nomor 1 Menawarkan Perpaduan Panorama Alam dan Area Bermain

Jika pengunjung datang menggunakan kendaraan roda empat, di tempat ini sudah tersedia ojek yang  bisa pengunjung sewa.

Untuk biasa sewa ojeknya pengunjung dikenakan tarif 100 ribu untuk pulang pergi. Air Terjun Haratai adalah air terjun yang berada di deretan pegunungan Meratus, air.

Air terjun ini bertingkat tiga dengan masing-masing kurang lebih 13 meter di bawahnya juga terdapat telaga yang dapat digunakan untuk mandi atau sekedar berendam.

Tempat wisata ini disebut sebagai wisata atau kawasan wisata Loksado, karena disana terdapat wisata alam serta budaya suku Dayak yang dapat dilihat oleh para pengunjung.

Baca Juga: Hebat! Inilah 3 Arsitek Asal Tiongkok dengan Karya Menakjubkan, Salah Satunya Membangun Museum Seni Islam Loh!

Dimana, di tempat wisata ini terdapat nilai luhur yang membuat kagum, bahwa kelestarian alam lebih berharga dari harta ataupun materi.

Sehingga keberadaan air terjun ini menjadi sangat sakral bagi suku Dayak Meratus. Untuk tiket masuk ke tempat wisata ini pengunjung dikenakan tarif 10 ribu per orang.

Di tempat wisata ini juga terdapat aula yang biasa digunakan untuk musyawarah adat Dayak. Pengunjung juga bisa berfoto di tepian sungai yang ada di tempat wisata ini.

Selain itu pengunjung juga bisa menginap di tempat wisata ini lho. 

Halaman:

Editor: Bellinda Putri Hidayat

Sumber: YouTube Wisata Kalimantan

Tags

Artikel Terkait

Rekomendasi

Terkini

Rekomendasi Tempat Wisata Bone Di Nusa Tenggara Barat

Selasa, 27 Februari 2024 | 21:05 WIB

Rekomendasi Wisata Di Ende Terbaru dan Lagi Hits

Selasa, 27 Februari 2024 | 16:10 WIB

Pantai Tegal Wangi Surga Tersembunyi Di Jimbaran Bali

Selasa, 27 Februari 2024 | 10:25 WIB

Pesona Wisata Pantai Lovina Di Buleleng Bali

Selasa, 27 Februari 2024 | 09:05 WIB
X