Tips Pertolongan Pertama Jika Terjadi Luka Bakar

- Jumat, 8 Maret 2024 | 09:10 WIB
Ini Tips Pertolongan Pertama Mengatasi Luka Bakar  (Isti)
Ini Tips Pertolongan Pertama Mengatasi Luka Bakar (Isti)

ENAMPAGI.ID - Luka bakar sering terjadi dalam kehidupan sehari-hari dimana banyak mitos di masyarakat tentang penanganan luka bakar yang masih salah.

Luka bakar seringkali terjadi dengan mengoleskan pasta gigi atau body lotion pada kulit yang mengalami luka bakar.

Luka bakar ringan pada umumnya terjadi ketika kulit tidak sengaja mengenai air panas, alat setrika ataupun knalpot.

Luka bakar ada 3 tingkatannya yaitu luka bakar ringan (derajat satu) mengenai lapisan kulit terluar (epidermis) biasanya kulit jadi kemerahan tapi tidak sampai melepuh.

Baca Juga: Apa Yang Menyebabkan Luka Kulit atau Borok?

Luka bakar sedang (derajat dua) mengenai epidermis dan sebagian lapisan dermis kulit atau lapisan kulit yang lebih dalam biasanya kulit merah dan melepuh.

Luka bakar berat (derajat tiga) kerusakannya mulai dari kulit terluar hingga dalam atau sampai otot bahkan tulang Kkulit jadi hangus dan mati rasa.

Pada luka bakar derajat 3 harus segera dibawa kerumah sakit karena memerlukan penanganan pembedahan hingga cangkok kulit.

Untuk luka bakar ringan hingga sedang yang tidak begitu luas bisa mendapatkan penanganan awal dirumah.

Caranya setelah terjadi luka bakar segera aliri area yang terjadi luka bakar dengan air kran dan suhu normal, selama 20 menit.

Hal ini bertujuan untuk mengurangi rasa nyeri sehingga suhu akan panas dan luka bakar tidak akan menjalar ke jaringan yang lebih dalam.

Baca Juga: 5 Rekomendasi Obat Penghilang Bekas Luka Yang Terjamin Ampuh, Istilah Ada Harga Ada Kualitas Itu Terbukti

Misalkan tidak ada air kran maka dapat dikompres menggunakan kain yang direndam air dan ganti kompres sesering mungkin selama 20 menit.

Sebaiknya jangan menggunakan es atau air es untuk mengompres luka bakar karena suhu dingin dapat menyebabkan iritasi pada kulit.

Jangan mengolesi pasta gigi ataupun lotion dengan pewangi pada area luka bakar karena bisa memicu infeksi dan tambah merusak jaringan kulit.

Halaman:

Editor: Isti W

Sumber: URBAN CIANJUR.COM

Tags

Rekomendasi

Terkini

Eksplorasi Lima Destinasi Seru di Puncak Bogor!

Rabu, 24 April 2024 | 04:57 WIB

Terpopuler

X