Mitos atau Fakta Mata Bintitan Karena Sering Mengintip?

- Kamis, 14 Maret 2024 | 09:25 WIB
Penyebab Mata Bintitan Yang Harus Diketahui Gejala Awalnya (Isti)
Penyebab Mata Bintitan Yang Harus Diketahui Gejala Awalnya (Isti)

ENAMPAGI.ID - Mata bintitan seringkali tiba-tiba terasa gatal, ada yang mengganjal waktu berkedip dan ada benjolan seperti jerawat yang mengganggu di kelopak mata.

Mata bintitan atau hordeolum adalah infeksi kelenjar minyak di sekitar kelopak mata baik kelopak mata bagian luar ataupun kelopak mata bagian dalam.

Mata bintitan gejalanya biasanya muncul benjolan kecil disekitar kelopak mata kelopak mata bengkak, sakit dan terasa mengganjal.

Bintitan dapat terjadi ketika kita menyentuh atau mengucek mata dengan tangan kotor sehingga bisa bikin kondisi kelopak mata jadi kotor.

Baca Juga: Apa Yang Menyebabkan Mata Merah?

Dan akan jadi tempat yang nyaman buat bakteri berkembang dan menyumbat kelenjar yang ada di kelopak mata makanya kelenjar tersebut bisa bengkak, memerah sampai bernanah.

Jadi penyebabnya bukan karena sering mengintip kecuali kalau habis mengintip, kamu kucek-kucek mata dengan tangan kotor bisa jadi bintitan juga.

Mata bintitan tidak dapat menular secara langsung dari kontak fisik dengan penderita alasannya karena bakteri penyebab tersebut tidak dapat berpindah terbang ke mata orang lain.

Tapi kamu bisa berisiko ketularan bintitan kalau bersalaman dengan penderitanya yang baru saja menyentuh atau mengucek mata yang terinfeksi bakteri tadi.

Apalagi kalau setelah itu kamu juga refleks menyentuh mata tanpa cuci tangan dimana Bintitan juga bisa disebabkan kosmetik mata yang kedaluwarsa.

Akibat pemakaian kosmetik yang kadaluwarsa dapat menimbulkan bintitan pada mata dimana kosmetik yang kadaluwarsa terindikasi terkena kuman.

Baca Juga: Ingin Terlihat Lebih Menarik di Mata Orang Lain? Terapkan 7 Cara Ini

Jangan lupa bersihkan alat-alat kosmetik dan hapus make up sebelum tidur biar sisa-sisa kosmetik tidak menyumbat saluran kelenjar minyak di kelopak mata.

Menggunakan lensa kontak ketika bintitan dapat menimbulkan ketidaknyamanan di bagian mata khususnya ketika mata berkedip.

Dan bahayanya kalau tiba-tiba bintitan pecah dan mengeluarkan nanah bisa bikin nanah dan bakteri terperangkap di bawah lensa kontak.

Halaman:

Editor: Isti W

Sumber: URBAN CIANJUR.COM

Tags

Rekomendasi

Terkini

Ingin Kuat Menahan Lapar Saat Puasa, Ini Tips nya!

Minggu, 24 Maret 2024 | 10:05 WIB

Hindari Makanan Ini Untuk Kehamilan Yang Masih Muda

Minggu, 24 Maret 2024 | 09:40 WIB

Penyakit Demam Berdarah Masih Mengancam Jiwa

Kamis, 21 Maret 2024 | 06:20 WIB

Demam Berdarah Haruskah Minum Jus Jambu?

Kamis, 21 Maret 2024 | 06:10 WIB

Demam Berdarah Haruskah Minum Jus Jambu?

Kamis, 21 Maret 2024 | 06:10 WIB

Kenapa Rokok Itu Berbahaya Bagi Kesehatan?

Kamis, 21 Maret 2024 | 06:05 WIB

Rokok atau Vape Mana Yang Lebih Berbahaya?

Kamis, 21 Maret 2024 | 06:00 WIB

Cara Mengatasi Insomnia Yang Perlu Diketahui

Rabu, 20 Maret 2024 | 17:10 WIB

Cara Membersihkan Telinga Yang Kotor

Selasa, 19 Maret 2024 | 06:05 WIB

Apa Yang Menyebabkan Mabuk Perjalanan?

Selasa, 19 Maret 2024 | 06:00 WIB

Terpopuler

X