Resep Klepon Ketan Ini Dijamin Parutan Kelapanya Tidak Gampang Basi

- Kamis, 24 Agustus 2023 | 15:30 WIB
Inilah Resep Klepon Ketan Hingga Tips Parutan Kelapanya Tidak Gampang Basi (Instagram @dapurhepipoland)
Inilah Resep Klepon Ketan Hingga Tips Parutan Kelapanya Tidak Gampang Basi (Instagram @dapurhepipoland)

ENAMPAGI – Camilan tradisional yaitu Klepon Ketan yang berasal dari Jawa ini, terbilang cukup digandrungi oleh semua kalangan, baik anak-anak hingga dewasa.

Selain murah dan mudah didapatkan, manisnya Klepon Ketan dengan isian gula merah pun disajikan dengan gurihnya parutan kelapa.

Namun biasanya, parutan kelapa pada Klepon Ketan pun tidak akan bertahan lama. Berikut selain memberi resep, enampagi.id juga akan menginfokan tentang tips parutan kelapa agar tidak gampang basi.

Baca Juga: Gampang Dibuat di Rumah, Inilah Resep Klepon Ketan yang Empuk dan Kenyal

Bahan utama:

  • 200 gram tepung ketan putih
  • 100 gram gula merah
  • 25 gram tepung sagu
  • 175 ml santan
  • 25 ml air daun suji
  • 1 sdt air kapur sirih

Bahan taburan:

  • 150 gram kelapa parut
  • 2 lembar daun pandan
  • 1/4 sdt garam

Baca Juga: Ide Lomba 17an! Resep Klepon Merah Putih, Bisa Ganti Tumpeng di Hari Kemerdekaan Indonesia

Cara membuat:

  1. Sebelum mengolah adonan kleponnya, olah dulu bahan taburannya. Masukkan kelapa parut, daun pandan yang diikat, dan sedikit garam ke dalam wadah. Aduk sesekali, lalu kukus di dalam panci selama 20 menit hingga matang.
  2. Sembari menunggu, masukkan tepung ketan dan tepung sagu ke dalam mangkuk. Aduk dengan whisk sampai merata, lalu tambahkan air kapur sirih. Aduk kembali sampai menggumpal rata.
  3. Setelah adonan tepung tercampur rata, tuang santan hangat sedikit demi sedikit sambil tetap diaduk. Tambahkan pula air daun suji, lalu aduk sampai adonannya menjadi lembut dan kalis.
  4. Selanjutnya, ambil satu sendok makan adonan dan pipihkan. Letakkan cacahan gula merah ke dalamnya dan gulung adonan menjadi berbentuk bulat. Pastikan ukurannya tak terlalu besar ataupun sebaliknya, ya.
  5. Siapkan panci di atas kompor, tuang cukup banyak air ke dalamnya. Panaskan sampai benar-benar mendidih, lalu masukkan klepon yang sudah dibentuk. Rebus klepon sampai matang dan mengambang di permukaan.
  6. Setelah terlihat mengambang, segera angkat dan tiriskan. Tunggu sampai dingin, lalu gulingkan klepon ketan di taburan kelapa parut. Nah, klepon ketan sudah siap untuk dinikmati, nih.

Baca Juga: Bikin Nagih! Inilah 7 Macam Resep Telur Balado Pedas

Adapun agar parutan kelapa pada klepon ketannya tidak gampang basi, ada beberapa Langkah yang perlu sobat enampagi.id lakukan, yaitu sebagai berikut:

  1. Sebaiknya menggunakan kelapa parut yang masih ada santannya atau tidak diperas terlebih dahulu. Karena selain akan memberikan cita rasa gurih, parutan kelapa yang masih ada santannya juga tidak akan cepat basi.
  2. Kukuslah parutan kelapa sebelum digunakan untuk taburan pada klepon ketan. Cara kukus ini akan membuat parutan kelapamu tidak gampang basi. Namun perlu diingat, kukuslah parutan kelapanya selama satu jam atau lebih.
  3. Selama proses mengukus, sobat juga bisa menambahkan daun pandan di dalamnya. Selain agar tidak basi, daun pandan ini juga bisa memberikan aroma wangi pada parutan kelapamu.
  4. Tambahkan taburan garam dan gula ke dalam parutan kelapa yang telah di kukus pun, bisa menghalau parutannya cepat basi, loh sobat. Jadi, tips yang keempat bisa kamu aplikasikan juga ya pada klepon ketanmu.

***

Editor: Nur Kholifah

Tags

Artikel Terkait

Rekomendasi

Terkini

Eksplorasi Lima Destinasi Seru di Puncak Bogor!

Rabu, 24 April 2024 | 04:57 WIB
X