Sejarah Cirebon Hingga Inilah 9 Tempat Wisata Populer yang Kental Sejarah dan Budayanya

- Senin, 19 Februari 2024 | 15:30 WIB
Sejarah Cirebon Hingga Inilah 11 Tempat Wisata Populer yang Kental Sejarah dan Budayanya (IG @cirebon.banget)
Sejarah Cirebon Hingga Inilah 11 Tempat Wisata Populer yang Kental Sejarah dan Budayanya (IG @cirebon.banget)

ENAMPAGI - Cirebon adalah salah satu kota di provinsi Jawa Barat yang terletak di pesisir utara Pulau Jawa. Kota ini memiliki julukan Kota Udang karena menjadi penghasil udang rebon, bahan baku terasi, petis, dan garam.

Selain itu, Cirebon juga dikenal sebagai Kota Wali karena menjadi tempat berdirinya kerajaan Islam pertama di Jawa Barat, yaitu Kesultanan Cirebon.

Sejarah Cirebon dimulai dari sebuah desa nelayan kecil bernama Muara Jati yang didirikan oleh Ki Gedeng Tapa pada abad 15. Desa ini kemudian berkembang menjadi sebuah pusat perdagangan dan penyebaran agama Islam di Jawa Barat.

Baca Juga: Sinopsis Drama China Fox Spirit Matchmaker: Zhu Ye, Dibintangi Liu Shishi dan Leon Zhang

Pada tahun 1479, Sunan Gunung Jati, salah satu dari Wali Songo, mendirikan Kesultanan Cirebon dan membangun Keraton Kasepuhan sebagai pusat pemerintahan. Kesultanan Cirebon kemudian mengalami masa kejayaan dan pengaruhnya meluas hingga ke Jawa Tengah, Banten, dan Mataram.

Namun, pada abad 17, Kesultanan Cirebon mengalami kemunduran akibat perselisihan internal dan campur tangan Belanda. Kesultanan Cirebon terpecah menjadi empat keraton, yaitu Keraton Kasepuhan, Keraton Kanoman, Keraton Kacirebonan, dan Keraton Keprabonan.

Keempat keraton ini masih ada hingga sekarang dan menjadi salah satu daya tarik wisata sejarah dan budaya di Cirebon.

Baca Juga: Sinopsis dan Para Pemain Drama China The Last Immortal, Dibintangi Zhao Lusi

Budaya Cirebon merupakan perpaduan antara budaya Sunda, Jawa, Arab, dan Tionghoa. Hal ini terlihat dari bahasa, seni, arsitektur, dan kuliner yang khas.

Bahasa Cirebon adalah dialek yang bercampur antara bahasa Sunda dan Jawa, yang disebut Jawareh. Seni Cirebon meliputi tari, musik, dan wayang yang memiliki ciri khas tersendiri, seperti Tari Topeng, Tarling, dan Wayang Cirebon.

Arsitektur Cirebon menunjukkan pengaruh Islam, Hindu, dan Tionghoa, seperti yang terlihat pada bangunan keraton, masjid, dan klenteng.

Baca Juga: 4 Rekomendasi Drama China Terbaru 2024 yang Wajib Ditonton

Kuliner Cirebon terkenal dengan rasa yang pedas, manis, dan gurih, seperti Nasi Jamblang, Empal Gentong, Mie Koclok, dan Tahu Gejrot.

Cirebon juga memiliki banyak tempat wisata yang menarik untuk dikunjungi, baik yang berhubungan dengan sejarah, budaya, alam, maupun religi. Beberapa tempat wisata yang populer di Cirebon adalah:

Halaman:

Editor: Nur Kholifah

Sumber: Berbagai Sumber

Tags

Artikel Terkait

Rekomendasi

Terkini

Terpopuler

X