Daya Tarik Bukit Gronggong Cirebon: Wisata Alam dengan Pemandangan Romantis

- Senin, 19 Februari 2024 | 19:00 WIB
Bukit Gronggong Cirebon (IG @lobuntalandcrb)
Bukit Gronggong Cirebon (IG @lobuntalandcrb)

ENAMPAGI - Cirebon merupakan salah satu kota di Jawa Barat yang memiliki banyak pesona wisata, baik yang berupa budaya, sejarah, kuliner, maupun alam. Salah satu destinasi wisata alam yang menarik untuk dikunjungi di Cirebon adalah Bukit Gronggong.

Bukit Gronggong Cirebon ini menawarkan pemandangan alam yang indah dan romantis, terutama di malam hari. Banyak pengunjung yang datang ke Bukit Gronggong untuk menikmati suasana sejuk, asri, dan gemerlap lampu kota dari ketinggian.

Lokasi dan Akses

Bukit Gronggong terletak di Desa Patapan, Kecamatan Beber, Kabupaten Cirebon. Lokasinya berada di perbatasan antara Cirebon dan Kuningan, sehingga mudah dijangkau dari kedua kota tersebut. Jaraknya sekitar 30 km dari pusat kota Cirebon, dan sekitar 20 km dari pusat kota Kuningan.

Baca Juga: Sinopsis dan Para Pemain Drama China The Fragments of Kylin, Kisah Cinta Putri Raja Iblis yang Hilang Ingatan

Untuk mencapai Bukit Gronggong, pengunjung bisa menggunakan kendaraan pribadi atau umum. Jika menggunakan kendaraan pribadi, pengunjung bisa mengambil jalur Cirebon-Kuningan, dan mengikuti petunjuk arah menuju Bukit Gronggong.

Jika menggunakan kendaraan umum, pengunjung bisa naik bus, elf, atau angkot dari terminal Cirebon atau Kuningan, dan turun di Pasar Cilimus. Dari sana, pengunjung bisa melanjutkan perjalanan dengan ojek atau berjalan kaki.

Daya Tarik

Bukit Gronggong memiliki beberapa daya tarik yang membuatnya menjadi salah satu destinasi wisata favorit di Cirebon. Berikut adalah beberapa di antaranya:

Baca Juga: Sinopsis Drama China Fox Spirit Matchmaker: Zhu Ye, Dibintangi Liu Shishi dan Leon Zhang

1. Pemandangan Pagi dan Siang Hari

Bukit Gronggong memiliki ketinggian sekitar 500 meter di atas permukaan laut, sehingga pengunjung bisa menikmati pemandangan alam yang luas dan hijau dari atas bukit. Pengunjung bisa melihat hamparan sawah, perkebunan, hutan, dan pegunungan di sekitarnya. Jika cuaca cerah, pengunjung juga bisa melihat Gunung Ciremai yang menjulang di kejauhan. Pemandangan ini sangat cocok untuk diabadikan dengan kamera, atau sekadar dinikmati dengan mata telanjang.

2. Menikmati Malam di Bukit Gronggong

Saat matahari mulai terbenam, Bukit Gronggong akan menampilkan pemandangan yang berbeda, tetapi tidak kalah menarik. Pengunjung bisa melihat langit yang berubah warna, dari biru, oranye, merah, hingga gelap. Saat malam tiba, pengunjung bisa melihat gemerlap lampu kota Cirebon dan Kuningan dari atas bukit. Pemandangan ini sangat romantis, dan sering menjadi latar belakang untuk foto-foto pasangan yang berkunjung ke Bukit Gronggong.

Halaman:

Editor: Nur Kholifah

Sumber: Cirebon Network

Tags

Artikel Terkait

Rekomendasi

Terkini

Terpopuler

X