Jadul! Wisata Religi Klenteng Hok Lay Kiong : Klenteng Tertua di Bekasi Pembawa Hoki

- Kamis, 20 Oktober 2022 | 19:15 WIB
Wisata religi di Bekasi, Klenteng Hok Lay Kiong yang merupakan klenteng tertua di Bekasi (Instagram @kotabekasikeren)
Wisata religi di Bekasi, Klenteng Hok Lay Kiong yang merupakan klenteng tertua di Bekasi (Instagram @kotabekasikeren)

ENAMPAGI - Klenteng Hok Lay Kiong merupakan destinasi wisata religi sekaligus menjadi klenteng tertua di Kota Bekasi

Wisata religi Klenteng Hok Lay Kiong di Bekasi yang sudah berusia tua sekitar lebih dari 300 tahun dan masih kokoh hingga saat ini. 

Sebagai klenteng tertua di Bekasi, wisata religi Klenteng Hok Lay Kiong menjadi sebagai salah satu tempat ibadah yang paling banyak dikunjungi umat, khususnya pada perayaan Imlek. 

Baca Juga: Sinopsis Drama Thailand Terbaru Shadow Enemy Dibintangi Hana Lewis Tayang 20 Oktober 2022 di Channel 7

Setiap tahun ratusan pengunjung memenuhi klenteng ini untuk berdoa memohon keberkahan di tahun yang baru dengan rezeki yang baru.

Di usianya yang sudah lebih dari 300 tahun, Klenteng Hok Lay Kiong terletak di Margahayu, Bekasi Timur, Kota Bekasi, Jawa Barat.

Klenteng ini dibangun pada masa penjajahan VOC Belanda itu tentunya menyimpan banyak sejarah yang masih jarang diketahui umum.

Klenteng ini mulai ada sekitar tahun 1800-an, dibangun oleh leluhur masyarakat Tionghoa, karena mereka butuh tempat beribadah.

Baca Juga: Sinopsis Drama Thailand Terbaru The Root Dibintangi Kao Supassara Adaptasi Novel Tayang 20 Oktober 2022 di CH3

Pembangunan klenteng ini diawali dari pemberontakan buruh-buruh etnis Tionghoa yang dulunya bekerja di Batavia yang sekarang disebut Jakarta.

Dahulu di tahun 1700 terjadi pemberontakan karena masalah upah dan lain sebagainya yang mengakibatkan demo sempat banyak korban.

Lalu buruh-buruh Tionghoa menyebar, ada yang ke Bekasi, Cikarang, karena daerah itu masih hutan-hutan dulunya.

Setelah menyebar, warga Tionghoa kemudian mulai membangun rumah untuk ditempati dan mereka juga mulai berkebun untuk menyambung hidup.

Baca Juga: Potret National Costume Andina Julie Miss Grand Indonesia 2022 Bakal Guncang Panggung Miss Grand International

Halaman:

Editor: Bellinda Putri Hidayat

Sumber: YouTube Nimarndeso

Tags

Artikel Terkait

Rekomendasi

Terkini

Mengenal Paylater: Cara Kerja, Manfaat dan Resiko

Minggu, 21 April 2024 | 13:41 WIB

Terpopuler

X