Mengapa Seseorang Bisa Mengalami Gangguan Mental? Apa yang Menjadi Penyebab Utamanya?

- Jumat, 1 September 2023 | 07:30 WIB
Ilustrasi Pertolongan Pertama Bagi Pengidap Gangguan Mental (Foto oleh Pixabay dari Pexels)
Ilustrasi Pertolongan Pertama Bagi Pengidap Gangguan Mental (Foto oleh Pixabay dari Pexels)

ENAMPAGI - Belakangan ini marak sejumlah kasus di kalangan remaja hingga dewasa yang mengalami gangguan penyakit mental atau biasa dengan sebutan Mental Illness. dilansir dalam artikel yang dikeluarkan oleh rumah sakit Eka Hospital bahwa gangguan mental merupakan suatu kondisi yang bisa dialami siapa saja dan benar adanya atau nyata.

Gangguan mental itu sendiri memiliki banyak jenis dan memiliki gejala yang berbeda. Jika sebagian dari kita mengetahui adanya orang terdekat yang mengalami kondisi demikian maka hal yang harus dilakukan adalah memberi dukungan yang tepat.

penyakit gangguan mental ini pun terjadi dengan berbagai macam sebab, bisa kejadian di masa lalu, bisa keadaan yang menimpa seseorang di masa sekarang, bisa karena tekanan lingkungan, tekanan pekerjaan dan berbagai penyebab lainnya.

Baca Juga: Jadwal Drawing Liga Champions 2023/2024, Hingga Daftar Pembagian Pot Tim yang Lolos

Dokter Psikolog Anindita Citra Setiarini, S.Psi., M.Psi. mengajak para penderita mental illnes untuk hidup dengan Mental yang lebih tenang. Bagaimana seorang yang memiliki mental illness memiliki kehidupan yang lebih tenang? simak penjelasannya.

Terkadang timbul dalam pikiran seseorang tentang mengapa seseorang bisa mengalami gangguan mental? apa yang menjadi penyebab utamanya?

"Seorang yang mulai beranjak dewasa atau sedang berada dalam kategori dewasa dimana usia ini adalah awal dari sebuah transisi atau perpindahan usia remaja ke usia dewasa, tentu dengan adanya perbedaan usia ini jadi membuat mereka memiliki peran dan tanggung jawab yang lebih dari sebelumnya.

Baca Juga: Chelsea vs AFC Wimbledon: Pertarungan Seru di Piala FA 2023 Berakhir dengan Kemenangan 2-1

"Di usia mereka yang sudah mulai dewasa ini mereka mulai membina relasi kedua dalam lingkungannya, dan mulai membangun karirnya" tutur Dokter Anindita.

Di kedua kondisi ini tidak mungkin mereka tidak menemukan masalah, pasti mereka menemukan problem, atau mereka mulai menghadapi tuntutan dan mereka mulai memiliki ekspektasi dalam setiap kehidupannya.

Jika mereka tidak bisa mengatasi masalahnya dengan cara efektif bisa jadi hal demikian menjadi pemicu awal mulanya stress dan jika stress di biarkan begitu lama ddengan waktu yang panjang maka dapat meningkatkan risiko mengalami gangguan mental.

Baca Juga: Resep Viral Indomie Bangladesh Ala Warkop Agem Medan, Begini Cara Membuatnya

Gangguan mental pada Umumnya biasa dialami oleh orang dewasa yang cukup familiar yaitu stress, namun begitu dengan kata stress untuk hasilnya juga tidak selalu buruk, bisa di setting atau diatur sehingga seseorang bisa mampu untuk melakukan dengan maksimal dalam kehidupan sehari-harinya.

Namun ada juga yang mengalami kondisi yang lebih dari itu misalnya mengalami kecemasan atau panic attack. Kondisi ini pun belum bisa dikatakan bahaya jika kecemasan tersebut masih dalam batas normal atau biasanya situasional.

Halaman:

Editor: Sundari

Sumber: Berbagai Sumber

Tags

Artikel Terkait

Rekomendasi

Terkini

Ingin Kuat Menahan Lapar Saat Puasa, Ini Tips nya!

Minggu, 24 Maret 2024 | 10:05 WIB

Hindari Makanan Ini Untuk Kehamilan Yang Masih Muda

Minggu, 24 Maret 2024 | 09:40 WIB

Penyakit Demam Berdarah Masih Mengancam Jiwa

Kamis, 21 Maret 2024 | 06:20 WIB

Demam Berdarah Haruskah Minum Jus Jambu?

Kamis, 21 Maret 2024 | 06:10 WIB

Demam Berdarah Haruskah Minum Jus Jambu?

Kamis, 21 Maret 2024 | 06:10 WIB

Kenapa Rokok Itu Berbahaya Bagi Kesehatan?

Kamis, 21 Maret 2024 | 06:05 WIB

Rokok atau Vape Mana Yang Lebih Berbahaya?

Kamis, 21 Maret 2024 | 06:00 WIB

Cara Mengatasi Insomnia Yang Perlu Diketahui

Rabu, 20 Maret 2024 | 17:10 WIB

Terpopuler

X