7 Fakta Negara Tertua Dunia Ini Bisa Jadi Sarana Edukasi, Apa Sajakah Itu?

- Rabu, 2 Agustus 2023 | 07:00 WIB
7 fakta negara tertua dunia yang bisa menjadi sarana edukasi bagi sobat (freepik.com)
7 fakta negara tertua dunia yang bisa menjadi sarana edukasi bagi sobat (freepik.com)

ENAMPAGI - Manusia dan kehidupannya sudah ada dan terbentuk sejak jutaan tahun yang lalu. Ternyata ada berbagai fakta negara tertua dunia yang bisa menjadi sarana edukasi bagi sobat enampagi.id, loh. Apa sajakah itu?

Walau sudah berlangsung lebih dari jutaan tahun kehidupan manusia di Bumi. Faktanya perkembangan peradaban manusia yang paling awal diperkirakan terjadi sekitar 6.500 sebelum masehi. Dari perkembangan itu, enampagi.id akan memaparkan tujuh fakta negara tertua dunia yang dapat mengedukasi bagi kamu. Yuk, simak.

Tentunya ketujuh fakta negara tertua dunia ini memiliki sejarah yang bermacam-macam. Di masa itu orang-orang memilih untuk tinggal menetap di suatu tempat, dan mulai meninggalkan kebiasaannya yang nomaden.

Baca Juga: 14 Negara Ini Memiliki berbagai Fakta Unik yang Belum Banyak Diketahui, Apa Sajakah?

Dari pemukiman-pemukiman tempat tinggal mereka itu, kemudian menjadi sebuah negara. Hm, tahukah sobat, apa sajakah ketujuh fakta negara tertua dunia tersebut? Berikut pemaparannya yang akan menjadi edukasi bagi sobat enampagi.id.

1. San Marino
Negara tertua dunia yang pertama adalah negara yang telah ada sejak tahun 201 masehi, tepatnya berdiri pada 3 September. Di mana didirikan oleh Santo Marinos, ketika itu ia membangun sebuah gereja yang wilayahnya di Monte Titano.

Dari pembangunan gereja tersebut, kemudian berkembang kota yang disebut dengan San Marino.
Hingga menjadi negara yang lokasinya berada di Semenanjung Italia dengan kondisi ekonomi yang makmur dan tingkat kemiskinannya rendah.

Baca Juga: Mengapa Penduduk Bali Mayoritas Beragama Hindu? Berikut Penjelasannya

2. Iran
Sebelumnya Iran berada di bawah kekaisaran Persia yaitu Sirus II. Saat itu kaisar Persia mendatangi kawasan Iran kuno di tahun 550 sebelum masehi. Kedatangannya itu setelah melakukan penaklukan terhadap wilayah Baby Loria, Lidya dan Medira.

Penaklukan terhadap tiga wilayah tersebut, rupanya menambah kekuasaannya dengan menguasai Iran. Sehingga bangsa barat menyebut Iran sebagai Persia hingga tahun 1935.

Selanjutnya Iran yang modern mulai nampak pasca revolusi monarki menjadi Republik Islam pada tahun 1979.

Baca Juga: Wow! Inilah 7 Ciri Seorang Pria Serius Menjalin Hubungan, Apakah Pasangan Kamu Termasuk?

3. Jepang
Untuk pertama kalinya berada di bawah pemerintahan kaisar yang bernama Jimo. Kaisar Jimo diyakini sebagai titisan dan keturunan Dewi Matahari Amaterasu. Kemudian ia naik tahta dan membentuk dinasti, bernama Kojiki dan Nihon sogi pada tahun 660 sebelum masehi.

Meski begitu, kisah tersebut dianggap para sejarawan sebagai sebuah legenda dan belum bisa dipastikan keapsahannya. Jepang pun juga disebut-sebut sebagai negara yang tertua di dunia.

4. Yunani
Arhaik menjadi periode yang terpenting dalam dasar periode klasik Yunani. Bermula pada periode sekitar tahun 800 sebelum masehi, yaitu menjadikan negara yang ada di bagian timur laut tengah ini, mulai muncul dan bangkit dari masa kegelapan.

Baca Juga: Baru! SKINTIFIC Kembali Meluncurkan Serum dengan Kandungan Vitamin C Terbaik, Ampuh Mencerahkan Kulit

Di masa jayanya, warga Yunani membuat sebuah kemajuan di bidang teknologi seni dan juga sistem politik. Kemudian menjadi acuan yang penting bagi negara-negara lainnya hingga saat ini.

5. Ethiopia
Awalnya di Ethiopia ditemukan sebuah kerangka manusia yang berasal dari spesies Australopithecus Afarensis, yaitu kerangka yang sangat mirip dengan kera.

Ilmuan-ilmuan menduga jika nenek moyang manusia modern itu telah ada dan hidup di tahun 3,4 hingga 2,9 juta tahun lalu.

Baca Juga: The Future of Fandom: PT Bali Bintang Sejahtera Tbk Catat Penghasilan Tertinggi dalam Sejarah Entitas Tahun 2

Sementara sebagai sebuah negara, Ethiopia pertama kali dipimpin oleh D'MT sekitar 980 hingga 400 sebelum masehi. Peradaban Ethiopia di masa itu mulai dibangun irigasi dan juga sistem pertanian yang cukup maju.

6. Georgia
Negara ini juga masuk dalam daftar negara tertua di dunia, yang sebagai tonggak sejarahnya beribukota di Tbilisi.

Georgia mulai ada sejak masa pemerintahan kerajaan Koleris, Colti Imperia. Kedua kerajaan itu memiliki peran yang besar di masa keemasan zaman perunggu Eurasia, kira-kira berlangsung pada tahun 1500 sebelum Masehi.

Halaman:

Editor: Nur Kholifah

Sumber: Berbagai Sumber

Tags

Artikel Terkait

Rekomendasi

Terkini

Dampak Gejala Multiple Sceloris Yang Sering Terjadi

Senin, 26 Februari 2024 | 14:10 WIB

Kondiloma Akuminata Akibat Kelamin Tidak Bersih

Minggu, 25 Februari 2024 | 11:00 WIB

Gejala Kanker Lidah, Nyeri Lidah Saat Makan

Minggu, 25 Februari 2024 | 10:50 WIB

Kanker Usus Besar, Gejala dan Cara Pengobatannya

Minggu, 25 Februari 2024 | 06:10 WIB

Tahi Lalat Menjadi Indikasi Kanker Kulit, Ini Tandanya!

Minggu, 25 Februari 2024 | 06:05 WIB
X