tech

10 Fitur Penting Google Maps di HP Kita yang Sangat Berguna, Yakin Sudah Coba Semuanya?

Rabu, 8 Desember 2021 | 15:00 WIB
ilustrasi google maps (Pixabay)

ENAMPAGI - Sepuluh fitur Google Maps di HP kamu yang sangat berguna ini bisa saja belum kamu ketahui sama sekali.

Setiap hari pasti aktifitas kita akan banyak terbantu dengan menggunakan aplikasi peta Google Maps melalu HP alias smartphone kita.

Namun biasanya tidak semua fitur di Google Maps sudah kita maksimalkan penggunaannya, karena hal yang paling sering kita lakukan hanya sekedar membutuhkan fitur navigasinya saja ketika berkendara menuju suatu lokasi.

Harus kita pahami, bahwa aplikasi peta besutan Google ini sering mendapatkan update atau pembaharuan lebih dari yang kita kira, itulah sebabnya sering kali kita melewatkan berbagai macam fitur baru di Google Maps yang sebenarnya justru akan membuat aktifitas kita sehari-hari lebih mudah.

Baca Juga: Persija Jakarta Bungkam PSM Makassar, Macan Kemayoran Naik Peringkat Klasemen

Jika kamu sudah memastikan bahwa aplikasi Google Maps di HP kamu adalah versi yang selalu terbaru (updated), maka kamu bisa coba sepuluh fitur penting yang dikutip dari Gizmodo berikut ini:

1. Atur Persiapan Aktifitas Diet Kamu

Jika kamu sedang menjalani diet ketat seperti diet rendah gula atau vegetarian, kamu bisa coba masuk ke Aplikasi Google Maps > Klik Ikon Profil di kanan atas > Kelola Preferensi > Diet.

Pengaturan itu akan mengarahkan kamu untuk ke daftar restoran mana saja yang sesuai dengan persyaratan diet yang sudah kamu tetapkan (dengan syarat bisnis restoran tersebut sudah memberikan inofrmasi ini ke Google).

Baca Juga: Hasil Pertandingan Piala AFF Suzuki Cup 2020: Juara Bertahan Vietnam Pecundangi Laos

2. Lihat Tempat Mana yang Sedang Sibuk

Google Maps telah menambahkan kemampuan untuk melihat seberapa padat dan tidaknya sebuah tempat atau area tertentu, hal ini berguna jika kita akan merencanakan sebuah perjalanan atau ingin makan di suatu tempat).

Kita akan bisa melihat label area sibuk saat kita memperbesar (zoom-in) ke area tersebut jika memang area tersebut relatif sedang padat, lalu tap di label sibuk itu untuk melihat tampilan berbentuk diagram.

Tiggi rendahnya diagram tersebutlah yang akan akan memperlihatkan seberapa sibuknya tempat itu sekarang dan seberapa sibuk kemungkinannya di lain waktu.

Baca Juga: Hasil Pertandingan Piala AFF Suzuki Cup 2020: Juara Bertahan Vietnam Pecundangi Laos

3. Cek Harga (Menu) dari Sebuah Restoran

Jika kamu sensitif terhadap budget (dana yang disiapkan) untuk acara makan kamu, maka kamu bisa periksa terlebih dahulu harga rata-rata per kepala yang biasanya dikeluarkan jika makan di restoran tersebut.

Google Maps melakukan crowdsourcing data soal ini, kamu akan diberi tahu berapa banyak orang yang telah berkontribusi pada statistik harga di restoran tersebut, bahkan kamu-pun juga dapat menambahkan harga berdasar pengalaman makanmu di tempat itu, agar orang lain yang juga punya rencana ke restoran itu terbantu.

4. Kirim Navigasi Tujuan dari Komputer Dekstop ke Smartphone

Jika kamu sedang mencari petunjuk arah navigasi melalui situs browser di komputermu dan terhubung (log in) ke akun Google milikmu, maka kamu dapat mengirim petunjuk arah tersebut ke Google Maps di smartphone Android atau iOS milikmu (dengan catatan akun Google keduanya sama).

Baca Juga: Spesifikasi Realme 9i Terkuak ke Publik dari Situs Vietnam, Ternyata Pakai Chipset Ini...

Cukup klik di pilihan kirim petunjuk arah navigasi ke smartphone yang ada di atas opsi rute, tidak hanya itu, kamu juga bisa mengirimnya melalui email ataupun tautan SMS.

5. Pilih Rute yang Hemat Bahan Bakar

Saat kamu menelusuri petunjuk arah mengemudi di antara dua titik, kamu mungkin akan melihat rute alternatif yang ramah lingkungan (Eco-Friendly Routes) yang ditandai dengan ikon daun hijau (Green-Leaf Icon).

Ketuk rute di tanda tersebut, dan kamu bisa lihat berapa banyak bahan bakar yang akan dihemat. Hal ini akan menghemat uang bahan bakar sekaligus membantu merendahkan tingkat polusi untuk lingkungan.

6. Bagikan Perjalananmu dengan Orang Lain

Hal ini dapat kamu gunakan saat kamu sedang punya janji terhadap keluarga, teman, maupun orang lain untuk ke suatu tempat yang sama.

Baca Juga: Bocoran Tampang 3 Varian Samsung Galaxy Tab S8 Muncul, Tab Lovers Harus Lihat!

Mereka akan dapat melihat dan melacak posisimu, serta berapa lama lagi kamu akan tiba di lokasi tujuan tersebut.

Lokasi ini hanya akan dibagikan hingga perjalananmu selesai di tempat tujuan, jadi jangan khawatir orang itu akan terus mengawasi lokasimu sepanjang hari.

7. Cek Waktu Perjalanan di Masa Depan

Ini berfungsi jika kamu sedang merencanakan perjalanan di suatu hari kelak.

Baca Juga: Hasil Pertandingan Piala AFF Suzuki Cup 2020: Harimau Malaya Terkam Kamboja

Buka Google Maps, cari Arah Navigasi (Navigation Directions), lalu klik di tiga titik sebelah kanan atas, kemudian setel waktu berangkat atau waktu tiba.

Setelahnya kamu dapat menyetel waktu perjalanan, dan melihat perkiraan kondisi lalu lintas berdasarkan pada kebiasaan-kebiasaan yang lalu di waktu tersebut.

8. Aktifkan Mode Samaran di Google Maps

Jika kamu tidak ingin semua aktifitasmu di Google Maps dilacak dan disimpan, kamu dapat mengaktifkan mode samaran dengan cara klik di ikon profilmu di sebelah kanan atas, lalu pilih aktifkan mode penyamaran dari menu tersebut.

Baca Juga: 3 Upaya Mengembalikan Akun Facebook yang Dihack, Jangan Sampai Dibiarkan

9. Tetap Perbaharui Peta Offline

Offline Maps akan sangat berguna saat kita tidak dapat terhubung ke jaringan internet.

Caranya, dari pengaturan, klik pada pengaturan peta offline dan pastikan kamu aktifkan fitur unduh peta yang otomatis disarankan.

Ini akan mengunduh peta berdasarkan lokasi kamu saat ini dan pola perjalanan sebelumnya.

Baca Juga: Prakiraan Cuaca untuk Wilayah Jabodetabek, Hujan Hingga Tinggi Gelombang Air Laut Pada 6 – 13 Desember 2021

Aktifkan perbaharui otomatis peta offline untuk memastikan peta tersebut tetap terus ter-update ya!

10. Dapatkan Pembaharuan Terkini tentang Tempat Favoritmu

Google Maps sekarang memungkinkan kamu mengikuti tempat atau lokasi bisnis yang kamu minati.

Kamu juga bisa menentukan area minat tertentu termasuk lingkungan kamu, tujuan liburan yang potensial, dan lain sebagainya.

Untuk terus mendapatkan informasi terbaru tentang tempat favoritmu tersebut, klik gambar profil kamu (kanan atas), pilih setelan (settings), dan pilih Kelola Area Anda.

Baca Juga: Pemerintah Batalkan PPKM Level 3 di Semua Wilayah Jelang Nataru

Itulah tadi sepuluh fitur penting Google Maps di HP kita yang bisa kita coba untuk mendukung serta mempermudah aktifitas kita sehari-hari yang berkaitan dengan peta atau navigasi, ayo coba!***

Tags

Terkini

Rekomendasi Smartwatch di bawah 1 Juta

Senin, 25 Desember 2023 | 16:40 WIB

7 Smartwatch Terbaik Dibawah 500 Ribu 2023

Senin, 25 Desember 2023 | 15:40 WIB

Keren!! iPhone 15: Ponsel Canggih Dengan Fitur Baru

Rabu, 13 September 2023 | 06:30 WIB

Lupa Akun Mi Cloud? Begini Cara Mudah Membukanya!

Sabtu, 2 September 2023 | 06:00 WIB