8 Kuliner Khas Cirebon yang Wajib Dicoba

- Senin, 19 Februari 2024 | 18:00 WIB
8 Kuliner Khas Cirebon yang Wajib Dicoba (IG @cirebonbribin)
8 Kuliner Khas Cirebon yang Wajib Dicoba (IG @cirebonbribin)

ENAMPAGI - Cirebon merupakan salah satu kota di Jawa Barat yang memiliki kekayaan budaya dan wisatanya untuk dikunjungi. Selain itu ada kuliner khas Cirebon yang wajib kamu coba.

Kota yang berjuluk Kota Udang ini menawarkan berbagai macam kuliner khas Cirebon yang menggugah selera. Mulai dari camilan, makanan berat, hingga dessert, semua bisa ditemukan di Cirebon.

Berikut adalah rekomendasi 8 kuliner khas Cirebon yang wajib dicoba saat kamu berkunjung ke kota ini.

Baca Juga: Sinopsis dan Para Pemain Drama China The Last Immortal, Dibintangi Zhao Lusi

1. Nasi Jamblang

Nasi Jamblang Ibu Nur
Nasi Jamblang Ibu Nur (IG @jamblangibunur)

Nasi jamblang adalah nasi putih yang dibungkus dengan daun jati. Nasi ini disajikan dengan berbagai lauk pauk yang bisa dipilih sesuai selera, seperti ayam goreng, telur balado, sambal goreng ati, tempe mendoan, dan lain-lain. Nasi jamblang biasanya dimakan dengan sambal dan kerupuk. Salah satu tempat yang terkenal menyajikan nasi jamblang adalah Nasi Jamblang Bu Nur, yang sudah berdiri sejak tahun 1960-an.

2. Empal Gentong

Empal Gentong Mang Darma
Empal Gentong Mang Darma (IG @empalmangdarma)

Empal gentong adalah makanan berkuah yang terbuat dari daging sapi, jeroan, dan santan. Empal gentong dimasak dalam gentong tanah liat yang dibakar dengan kayu pohon asam, sehingga menghasilkan aroma dan rasa yang khas. Empal gentong biasanya disantap dengan nasi hangat dan sambal. Tempat yang paling legendaris menyajikan empal gentong adalah Empal Gentong Mang Darma, yang sudah beroperasi sejak tahun 1953.

Baca Juga: 4 Rekomendasi Drama China Terbaru 2024 yang Wajib Ditonton

3. Pedesan Entog

Pedesan Entog Mas Nana Cirebon
Pedesan Entog Mas Nana Cirebon (IG @pedesanentog_masnanacirebon)

Pedesan entog adalah masakan yang terbuat dari daging entog atau itik yang dibumbui dengan rempah-rempah dan kuah pedas. Daging entog yang kenyal dan bumbu yang meresap membuat pedesan entog sangat lezat dan menggigit. Pedesan entog bisa dinikmati dengan nasi atau lontong. Tempat yang paling populer menyajikan pedesan entog adalah Pedesan Entog Mas Nana, yang sudah berdiri sejak tahun 2006.

Halaman:

Editor: Nur Kholifah

Sumber: enampagi.id

Tags

Artikel Terkait

Rekomendasi

Terkini

Terpopuler

X