Hansjörg Wyss, Miliarder Swiss yang Membeli Klub Chelsea FC

- Jumat, 27 Mei 2022 | 18:30 WIB
Hansjörg Wyss dan Todd Boehly di Stadion Chelsea FC (Twitter @SJohnsonSport)
Hansjörg Wyss dan Todd Boehly di Stadion Chelsea FC (Twitter @SJohnsonSport)

ENAMPAGI - Miliarder asal Swiss, Hansjörg Wyss telah memiliki klub Liga Utama Inggris, Chelsea FC.

Kesepakatan penjualan klub Chelsea telah diperdebatkan secara intens, dengan beberapa orang berpendapat bahwa Abramovich ingin melindungi asetnya yaitu Chelsea. Identitas calon pembeli pun telah muncul: miliarder asal Swiss, Hansjörg Wyss.

Konflik di Ukraina dan sanksi Rusia telah memaksa tangan pemilik Chelsea Roman Abramovich, sang miliarder Rusia yang terpaksa menjual klub yang telah dimilikinya selama dua dekade kepada sang Miliarder asal Swiss, Hansjörg Wyss.

Baca Juga: Profil dan Biodata Singkat Emmeril Kahn Mumtadz, Anak Ridwan Kamil yang Hilang di Swiss

Kesepakatan itu disetujui oleh pemerintah Inggris pada 25 Mei. Wyss mengatakan kepada media pada bulan Maret bahwa dia telah diberitahu tentang kemungkinan pembelian klub Chelsea. Ia mengatakan kepada tabloid Swiss Blick “seperti semua oligarki lainnya, dia panik. Abramovich saat ini mencoba menjual semua vilanya di Inggris. Dia juga ingin menyingkirkan Chelsea dengan cepat.”

Siapa Hansjörg Wyss dan bagaimana dia menghasilkan miliaran?
Wyss, 86 tahun, lahir di Bern pada tahun 1935 dan kemudian pindah ke Zurich di mana ia belajar di Institut Teknologi Federal Swiss.

Dia berasal dari awal yang relatif sederhana, dengan ayahnya seorang penjual kalkulator dan ibunya seorang penulis. Kakak perempuannya, Hedi Wyss, juga seorang penulis. Wyss kemudian pindah ke Amerika Serikat, tempat dia tinggal sejak 1960-an.

Baca Juga: Link Nonton dan Download Wedding Agreement The Series Episode 10 Ending Tayang 27 Mei 2022

Majalah Jerman, Welt, mencatat bahwa dia menghabiskan sebagian besar hidupnya "sebagai hantu", jarang memberikan wawancara dan hidup dalam penyamaran di sebuah properti besar di negara bagian Wyoming, Amerika Serikat.

Seperti banyak miliarder, Wyss memiliki beberapa sumber pendapatan, meskipun penghasil uang utamanya adalah perusahaan peralatan medis, Synthes.

Sang miliarder mendirikan Synthes pada 1970-an dan mengawasi pertumbuhannya, sebelum menjualnya sekitar CHF20 miliar atau setara dengan 300 triliun rupiah ke perusahaan farmasi Johnson and Johnson pada 2012.

Baca Juga: Cek Harga Tiket Konser Westlife di Jakarta Tanggal 11 Februari 2023, Mulai Dijual 28 Mei 2022

Berapa banyak uang yang dimiliki Wyss dan mampukah dia membeli Chelsea?

Terlepas dari pendapatannya yang signifikan, kekayaan bersih Wyss diperkirakan 'hanya' CHF5,3 miliar atau setara dengan 80 triliun rupiah pada tahun 2022.

Halaman:

Editor: Eko Pradesa Subekti

Sumber: theolocal.ch

Tags

Artikel Terkait

Rekomendasi

Terkini

Mengapa Banyak Pemain Bola Pindah ke Liga Arab?

Rabu, 27 Desember 2023 | 14:00 WIB

Terpopuler

X