Berikut Pandangan Islam dan Dunia Tentang Kepercayaan Kucing Pembawa Rezeki

- Selasa, 8 Agustus 2023 | 18:30 WIB
Kucing Pembawa Rezeki bagi pemiliknya, berikut pandangan Islam dan berbagai dunia dalam menyikapi kepercayaan tersebut. (pixabay.com / ty_swartz)
Kucing Pembawa Rezeki bagi pemiliknya, berikut pandangan Islam dan berbagai dunia dalam menyikapi kepercayaan tersebut. (pixabay.com / ty_swartz)

ENAMPAGI – Apakah sobat enampagi.id menyukai kucing? Kucing merupakan binatang lucu dan menggemaskan. Namun tak sedikit beranggapan bahwa memeliharanya akan mendatangkan rezeki. Lalu, bagaimana menurut pandangan Islam dan dunia tentang kucing pembawa rezeki ini?

Kucing juga merupakan binatang yang disayangi oleh Rasulullah SAW. Maka dalam Islam mengajarkan bahwa untuk menyayangi semua hewan ciptaan Allah, salah satunya kucing yang dipercaya mendatangkan rezeki. Lalu apakah benar kucing bisa mendatangkan rezeki bagi pemiliknya?

Rupanya, kucing pembawa rezeki ini dipercaya di berbagai negara juga loh, sobat. Pasalnya sebagai hewan pembawa hoki untuk mendatangkan rezeki. Lalu bagaimana kira-kira pandangan Islam dan dunia dalam menyikapi hal seperti ini? Berikut penjelasannya:

Baca Juga: Sering Kali Tak Sadar! Inilah 5 Tanda Tidak Dihargai Orang Lain, Nomor 4 Paling Sering

1. Memelihara kucing menambah rezeki dalam perspektif Islam

Kucing adalah hewan berbulu dan berkaki empat yang disayangi oleh Rasulullah SAW. Semasa hidupnya, Rasul memiliki seekor kucing yang bernama Muezza yang amat disayanginya. Untuk itu, hingga sampai saat ini umat muslim mempercayai bahwa dengan memberi makan kucing sama dengan bersedekah.

Pada sebuah riwayat mengatakan:
"Pada setia sedekah pada makhluk yang memiliki hati(Jantung) yang hidup, akan mendapat pahala kebaikan. Seorang muslim yang menanam tanaman atau tumbuh-tumbuhan yang kemudian dimakan oleh burung-burung,manusia atau binatang. Maka baginya adalah sedekah.” (HR.Bukhari dan Muslim).

Dalam hadits lain, Rasulullah pernah ditanya oleh salah seorang sahabat:
"Apakah berbuat baik kepada binatang bagi kami ada pahalanya?"
Lantas Rasulullah bersabda,"Di Dalam setiap apa yang bernyawa ada pahalanya" (HR.Bukhari dan Muslim).

Baca Juga: Resep Martabak Telur Sederhana, Hingga Tips Matang Sempurna dan Hemat Minyak

2. Bersedekah melalui kucing
Pahala bersedekah telah dijelaskan oleh Allah SWT dalam Surah Al-Baqarah Ayat 261 yang artinya:
"Perumpamaan (Nafkah yang dikeluarkan oleh)orang-orang yang menafkahkan hartanya di jalan Allah adalah serupa butir. Benih yang menumbuhkan tujuh bulir, pada tiap-tiap bulir seratus biji. Allah melipat gandakan (ganjaran) bagi siapa yang Dia kehendaki.Dan Allah Maha Luas (karuniaNya)lagi Maha Mengetahui."(QS Al-Baqarah:261).

Tentang persoalan kucing membawa rezeki, dalilnya adalah Al-Quran surat Hud ayat 6 yang artinya;
"Dan tidak ada suatu binatang melatapun di bumi melainkan Allah-lah yang memberi rezeki-Nya. Dan Dia mengetahui tempat berdiam binatang itu dan tempat penyimpanannya. Semuanya tertulis dalam Kitab yang nyata (Lauh Mahfuzh)."

Baca Juga: Wow, Bikin Nagih! Inilah 8 Macam Resep Martabak Telur yang Bisa Dibuat di Rumah

3. Kisah kucing yang membawa rezeki dari seluruh dunia

Kucing sudah dipercaya bisa melindungi orang-orang dari berbagai kejahatan, sejak zaman Mesir kuno. Di mesir kuno juga, mereka percaya bahwa mata kucing mencerminkan sinar matahari dan melindungi umat manusia dari kegelapan dan keputusasaan.

Sementara bagi orang Eropa yang hidup di daerah pedesaan,kucing dipercaya memiliki peran yang sangat penting untuk panen yang baik. Jadi, kucing juga sangat dihormati di sana dan diperlakukan dengan penuh perhatian.

Di Negara Rusia, mereka meletakan kucing dalam ayunan yang dianggap dapat melindungi bayi yang baru lahir dari roh-roh jahat. Beralih ke Tiongkok kuno, dahulu masyarakat merasa mereka bisa mengetahui waktu ketika mereka menatap mata kucing.

Baca Juga: Sungguh Mengerikan! Dampak Buruk Diskon 50 Persen Shoppe Live Ini Bikin Rugi Seller, Apa Sajakah Itu?

Halaman:

Editor: Nur Kholifah

Sumber: Berbagai Sumber

Tags

Artikel Terkait

Rekomendasi

Terkini

Perempuan, Pemikiran, dan Merasa Terpuji

Minggu, 22 Oktober 2023 | 10:35 WIB

Dejavu, Di Kampus ISI Jogja Kala Itu

Minggu, 22 Oktober 2023 | 10:20 WIB

4 Kampus Swasta Terbaik yang Ada di Indonesia

Rabu, 5 Juli 2023 | 07:52 WIB

Terpopuler

X