Rebut Tahta Gilas Pilipinas di SEA Games 2021, Timnas Basket Putra Indonesia Berhasil Raih Medali Emas

- Senin, 23 Mei 2022 | 13:00 WIB
Team Basket Putra Indonesia berhasil meraih medali emas di ajang SEA Games ke-31 ( Instagram/@perbasi.ina)
Team Basket Putra Indonesia berhasil meraih medali emas di ajang SEA Games ke-31 ( Instagram/@perbasi.ina)

ENAMPAGI - Bangga, tim basket putra Indonesia berhasil meraih medail emas melawan Filipina dengan skor 85-81 dalam cabang olahraga basket SEA Games Vietnam 2021

Tim basket Filipina yang dikenal dengan sebutan Gilas Pilipinas harus rela melepas titelnya sebagai raja basket Asia Tenggara 13 kali berturut-turut dan memberikan tahtanya kepada tim basket putra Indonesia.

Tim basket putra Indonesia meraih medali emas pertama dari cabang olahraga basket sejak ikut ajang SEA Games pada tahun 1977. Tim merah putih menyelesaikan turnamen dengan rekor sempurna, 6 kemenangan dan 0 kekalahan. Sementara Filipina mendapatkan medali perak dengan total skor 5 kemenangan 1 kekalahan.

Gilas Pilipinas bermain kasar di awal pertandingan bersama Matthew Wright yang memimpin dengan 23 poin, diikuti oleh Juni Mar Fajardo menambahkan 20 poin untuk timnas Filipina tersebut.

Baca Juga: Sah! Kourtney Kardashian dan Travis Barker Mengucap Janji Suci Pernikahan di Italia

Pertandingan perebutan medali emas tersebut diselenggarakan di Thanh Tri Gymnasium di Hanoi, 22 Mei 2022.

Kehadiran pemain naturalisasi di tim nasional Indonesia yaitu Marques Bolden, yang sempat bermain untuk tim NBA Cleveland Cavaliers menjadi penentu kemenangan merah putih di akhir pertandingan.

Dengan mengumpulkan 17 poin, Abraham Grahita membawa Indonesia memimpin 83-79 dengan membuang tembakan free throw dalam waktu kurang dari 10 detik sebelum Bolden menutup ketertinggalan itu dengan sepasang tembakan lainnya.

Baca Juga: Beredar Foto Jennie BLACKPINK bersama V BTS Berdua didalam Mobil, Benarkah?

Hingga quarter ketiga berakhir, Indonesia sudah sukses melepaskan 12 lemparan tiga angka, sedangkan Filipina hanya melesakkan 1 lemparan three point.

Pemain impor Asia di Japan B. League, Brandong Jawato menghasilkan 11 poin, sementara Derrick Michael Xzavierro yang berusia 19 tahun, produk dari NBA Global Academy berhasil mengumpulkan 14 poin, 7 rebound, dan 2 blok.

Diketahui, Perbasi (Persatuan bola basket seluruh Indonesia) telah melakukan naturalisasi pemain sebanyak 5 orang yaitu Marques Bolden, Dame Diagne, Serigne Modou Kane, Lester Prosper dan Brandon Jawato.

Baca Juga: 3 Zodiak yang Beruntung Dalam Asmara Hari Ini Senin 23 Mei 2022

Diantara 5 orang, 3 pemain naturalisasi yaitu Brandon Jawato, Marques Bolden dan Dame Diagne dipanggil untuk ikut berpartisipasi dalam ajang SEA Games 2021. Brandon Jawato pun sudah pernah ikut berpartisipasi membela tim nasional Indonesia pada pertandingan kualifikasi FIBA Asia Cup. ***

Editor: Eko Pradesa Subekti

Sumber: Berbagai Sumber

Tags

Artikel Terkait

Rekomendasi

Terkini

Mengapa Banyak Pemain Bola Pindah ke Liga Arab?

Rabu, 27 Desember 2023 | 14:00 WIB

Terpopuler

X