• Jumat, 21 Januari 2022

Meningkatkan Kemampuan Berbahasa Dengan media Flashcard

- Minggu, 28 November 2021 | 07:00 WIB
Meningkatkan Kemampuan Berbahasa dengan Media Flashcard ( ahmad afandi)
Meningkatkan Kemampuan Berbahasa dengan Media Flashcard ( ahmad afandi)

ENAMPAGI.ID - Pada masa sekarang ini, banyak peserta didik masih menganggap bahwa palajaran Bahasa Inggris adalah momok bagi mereka. Tidak sedikit yang merasa ketakutan ketika Guru Bahasa Inggris akan memasuki kelas. Hal tersebut sangatlah wajar terjadi pada peserta didik yang tidak suka pada suatu mata pelajaran. Entah itu dikarenakan mereka tidak mampu dalam mata pelajaran tersebut, ataukah karena peranan guru yang kurang menghibur peserta didik sehingga mereka tidak begitu tertarik dengan mata pelajaran tersebut.

Pada sebagian besar peserta didik, mereka mengalami ketakutan pada sebuah mata pelajaran dikarenakan mereka tidak mampu dalam mata pelajaran tersebut. Hal itu lazim terjadi pada siswa di tingkat pendidikan dasar ataupun tinggi. Semisal peserta didik lemah dalam menghitung, maka akan terjadi ketakutan setiap kali guru Matematika datang ke kelas. Semisal peserta didik lemah pada vocabulary Bahasa Inggris, maka peserta didik akan takut setiap kali guru Bahasa Inggris datang ke kelas. Namun hal tersebut akan cepat berubah menjadi sebuah kesenangan ketika peserta didik sudah mulai memperbaiki kelemahan mereka (semisal dalam menghitung, atau dalam hafalan vocabulary).

Akan tetapi tidak sedikit ketakutan pada sebuah mata pelajaran dikarenakan peranan guru yang terkadang memang dengan instruksi dan aturan yang kaku, membuat peserta didik menjadi takut akan suatu mata pelajaran. Hal ini terkadang berasal dari metode pembelajaran ataupun trick-trick yang dipakai oleh guru terlalu monoton dan kurang menarik sehingga menyebabkan peserta didik kurang tertarik ataupun terhibur di dalam kelas.

Dalam hubungan dengan mata pelajaran Bahasa Inggris, terdapat kompetensi komunikatif yang seringkali menjadi fokus utama bagi peserta didik. Menurut Kurikulum 2013, kemampuan komunikatif dalam Bahasa Inggris terdapat keterampilan berbahasa-mendengarkan, berbicara, membaca, menulis (Pedoman Guru Kurikulum 2014. 2014:2). Semua ketrampilan tersebut seringkali terhambat pada metode dan model pembelajaran yang kurang tepat pada peserta didik.

Baca Juga: 4 Tipe Komunikasi dalam Mengekspresikan Perasaan, Kamu Tipe yang Mana?

Untuk mencapai tujuan pembelajaran maka tidak lepas dari model pembelajaran yang digunakan oleh guru. Model pembelajaran menurut Tardif dalam Muhibbin Syah (2010: 198) adalah “cara yang berisi prosedur baku untuk melaksanakan kegiatan kependidikan, khususnya kegiatan penyajian mata pelajaran kepada siswa”. Prosedur baku tersebut digunakan oleh guru untuk mengajar di kelas. Selain itu dengan metode pembelajaran dapat membantu guru dan memudahkan dalam penyampaian materi kepada siswa.

Media flashcard dianggap sebagai suatu media yang menimbulkan kesenangan dan ketertarikan siswa dalam pembelajaran kosakata, karena flashcard merupakan salah satu bentuk media pembelajaran berupa kartu bergambar yang disukai siswa dan dapat disajikan dalam bentuk permainan. Dengan demikian flashcard merupakan suatu alternatif yang dapat di perkirakan dapat membantu meningkatkan kemampuan kosakata siswa, terutama terutama kemampuan dalam menyimak kosakata (Listening skill) dan berbicara (speaking skill).

Media flashcard tergolong dalam media visual (gambar), media flashcard memiliki beberapa kelebihan, sebagaimana yang diungkapkan oleh Susilana dan Riyana (2009 : 94) antara lain:

Baca Juga: Gawat! Omicron, Varian Baru Virus Corona Muncul dan Menyebar dengan Cepat!

Halaman:

Editor: Pamela Apriliana

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Kajian Ustadz Evie Efendie: Ini 4 Penyebab Hati Gelap

Sabtu, 15 Januari 2022 | 15:30 WIB

Patah Hati di Tempat Kerja? Ini Penyebabnya!

Rabu, 12 Januari 2022 | 09:00 WIB
X